Search for collections on Undip Repository

PENANGANAN PASCA PEMBERIAN GANTI KERUGIAN AKIBAT BENCANA LUMPUR LAPINDO (Studi Pada Desa Renokenongo, Porong, Sidoarjo, Jawa Timur). _ 97 PDT 2024

HERLINASARI, DILA RIESTA and Adhim, Nur and Ardani, Mira Novana (2024) PENANGANAN PASCA PEMBERIAN GANTI KERUGIAN AKIBAT BENCANA LUMPUR LAPINDO (Studi Pada Desa Renokenongo, Porong, Sidoarjo, Jawa Timur). _ 97 PDT 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Dila Riesta Herlinasari_cover.pdf

Download (638kB)
[img] Text
Dila Riesta Herlinasari_abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Dila Riesta Herlinasari_bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] Text
Dila Riesta Herlinasari_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
Dila Riesta Herlinasari_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
Dila Riesta Herlinasari_bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
Dila Riesta Herlinasari_dapus.pdf

Download (4MB)

Abstract

Peristiwa lumpur Lapindo merupakan kejadian ekplorasi migas yang dilakukan oleh PT. Minarak Lapindo dengan melakukan pengeboran sumur pada 29 Mei 2006, namun saat pengeboran terdapat beberapa kesalahan tafsir dan dugaan yang menyebabkan tersemburnya lumpur panas ke permukaan bumi hingga saat ini. Desa Renokenongo merupakan salah satu desa korban bencana lumpur Lapindo yang memiliki paguyuban yang kuat dibandingkan desa lainnya, sehingga dengan inisiatif warga Desa Renokenongo memutuskan untuk membangun kembali pemukiman yang baru.
Tujuan penulisan hukum ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis proses dan efektivitas penanganan pasca pemberian ganti kerugian pada warga yang terdampak bencana lumpur Lapindo di Desa Renokenongo. Metode yang digunakan dalam penulisan hukum ini adalah yuridis empiris dengan melakukan observasi langsung sesuai yang terjadi di lapangan mengenai proses dan efektivitas pasca ganti kerugian yang diberikan dari pemerintah dan PT. Minarak Lapindo Inc pada warga yang terdampak bencana lumpur Lapindo saat ini di Desa Renokenongo. Penelitian dilakukan dengan melakukan wawancara kepada tokoh masyarakat dan beberapa warga Desa Renokenongo. Hasil penulisan hukum ini mengenai proses penanganan pasca pemberian ganti kerugian pada warga yang terdampak bencana lumpur Lapindo di Desa Renokenongo masih belum efektif, namun efektivitas pasca ganti kerugian yang diberikan dari pemerintah dan PT. Minarak Lapindo Inc pada warga yang terdampak bencana lumpur Lapindo saat ini di Desa Renokenongo sudah efektif.
Kata Kunci: Ganti kerugian; lumpur Lapindo; bencana

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ganti kerugian; lumpur Lapindo; bencana
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 04 Jul 2024 09:01
Last Modified: 04 Jul 2024 09:01
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23936

Actions (login required)

View Item View Item