Search for collections on Undip Repository

Hubungan Gangguan Perkembangan Anak dengan Kejadian Depresi dan Tipe Pola Asuh pada Orang Tua

Huda, Nurul and Sarjana, Widodo and Hartanto, Fitri (2023) Hubungan Gangguan Perkembangan Anak dengan Kejadian Depresi dan Tipe Pola Asuh pada Orang Tua. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-TESIS)
Abstrak.docx

Download (14kB)

Abstract

Latar Belakang: Gangguan perkembangan anak dapat membuat orang tua kesulitan menerima keadaan anak, menghadapi permasalahan yang muncul, serta menghadapi tekanan eksternal sehingga depresi dapat muncul. Orang tua dengan depresi tidak dapat memberikan pengasuhan secara optimal dan dapat memunculkan perilaku pola asuh negatif yang dapat mempengaruhi kemampuan anak untuk melewati tahap perkembangan selanjutnya.

Tujuan: Mengetahui hubungan antara gangguan perkembangan anak dengan kejadian depresi dan tipe pola asuh pada orang tua.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain cross-sectional. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Data yang dikumpulkan meliputi data demografi responden, skor depresi BDI-II dan skor Pola Asuh PS-FFQ. Analisis bivariat dilakukan dengan uji Chi-Square dan alternatif uji Mann Whitney.

Hasil: Dari 66 orang responden, tidak terdapat hubungan signifikan antara gangguan perkembangan anak dengan kejadian depresi pada orang tua (p=0,145) serta tipe pola asuh yang diberikan (p=0,613). Tidak terdapat hubungan antara kejadian depresi dengan tipe pola asuh anak dengan gangguan perkembangan (p=0,654). Tidak terdapat hubungan signifikan antara faktor risiko seperti jenis kelamin orang tua, usia orang tua, status perkawinan, pendidikan, social ekonomi, dan penyakit fisik dengan kejadian depresi pada orang tua anak dengan gangguan perkembangan (p=>0,05). Sedangkan dengan faktor risiko yang sama, terdapat hubungan signifikan antara jenis kelamin orang tua dengan pola asuh orang tua anak dengan gangguan perkembangan (p=0,018).

Kesimpulan: Gangguan perkembangan anak tidak berhubungan dengan kejadian depresi pada orang tua maupun terbentuknya tipe pola asuh tertentu. Namun, tipe pola asuh dipengaruhi oleh jenis kelamin orang tua.

Kata kunci: depresi, gangguan perkembangan anak, orang tua, pola asuh

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: depresi, gangguan perkembangan anak, orang tua, pola asuh
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 26 Jun 2024 01:53
Last Modified: 26 Jun 2024 01:53
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23915

Actions (login required)

View Item View Item