Search for collections on Undip Repository

ASUPAN LEMAK, NATRIUM, KALIUM, KALSIUM, MAGNESIUM DAN TEKANAN DARAH PADA PRIA OBESITAS DI KOTA SEMARANG

Ridhanila, Ardini and Pramono, Adriyan and Rahadiyanti, Ayu and Probosari, Enny ASUPAN LEMAK, NATRIUM, KALIUM, KALSIUM, MAGNESIUM DAN TEKANAN DARAH PADA PRIA OBESITAS DI KOTA SEMARANG. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Ardini Ridhanila.pdf

Download (105kB)

Abstract

Latar Belakang: Angka kejadian obesitas pada pria rendah tetapi terdapat peningkatan dari tahun sebelumnya sehingga seseorang dengan obesitas dapat mengalami hipertensi. AHA merekomendasikan diet untuk tekanan darah seperti peningkatan asupan kalium, magnesium, serta kalsium dan restriksi asupan natrium dan lemak.
Tujuan: Mengetahui hubungan asupan lemak, natrium, kalium, kalsium, magnesium terhadap tekanan darah pada pria obesitas di Kota Semarang
Metode: Penelitian ini menggunakan data baseline pre-intervensi berjudul “Spirulina Platensis Supplementation and Calorie Restriction in Obese Men” pada Oktober-November 2023 di Kota Semarang. Penelitian desain potong lintang dilakukan pada 40 pria obesitas usia 25-53 tahun. Data yang didapat adalah data asupan dan tekanan darah serta diuji dengan normalitas Shapiro-Wilk dan korelasi Spearman-Rank.
Hasil: Rerata asupan lemak 97,5% subjek berlebih. Seluruh subjek (100%) memiliki asupan natrium baik serta asupan kalium, kalsium, magnesium, dan serat rendah. Sebanyak 42,5% subjek termasuk pre-hipertensi sistolik dan diastolik (135,5/87 mmHg). Uji bivariat menyatakan terdapat hubungan antara asupan natrium dengan tekanan darah sistolik dan asupan magnesium terhadap tekanan darah diastolik. Tidak terdapat hubungan antara asupan natrium dengan tekanan darah diastolik dan asupan magnesium terhadap tekanan darah sistolik. Tidak berkorelasi antara asupan lemak, kalium, kalsium, karbohidrat, protein, serat, dan riwayat merokok dengan tekanan darah.
Kesimpulan: Terdapat hubungan asupan natrium dengan tekanan darah sistolik serta asupan magnesium dengan tekanan darah diastolik. Tidak berkorelasi antara asupan natrium dengan tekanan darah diastolik dan asupan magnesium dengan tekanan darah sistolik. Asupan lemak, kalium, kalsium, karbohidrat, protein, serat, dan riwayat merokok tidak berkorelasi dengan tekanan darah.
Keywords: Lemak, natrium, kalium, kalsium, magnesium, tekanan darah, obesitas

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 24 Jun 2024 08:15
Last Modified: 24 Jun 2024 08:15
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23904

Actions (login required)

View Item View Item