UTAMI, KHARISMA KUSUMA PUTRI (2024) SAYA MELIHAT, SAYA TERSENTUH, SAYA MEMILIH? PENGGUNAAN INSTAGRAM DALAM MENYOSIALISASIKAN PEMILU TAHUN 2024 DI KALANGAN PEMILIH MUDA STUDI KASUS KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text
KHARISMA KUSUMA PUTRI UTAMI - COVER (1).pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
KHARISMA KUSUMA PUTRI UTAMI - BAB I.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text
KHARISMA KUSUMA PUTRI UTAMI - BAB II.pdf - Submitted Version Download (4MB) |
|
Text
KHARISMA KUSUMA PUTRI UTAMI - BAB III.pdf - Submitted Version Download (3MB) |
|
Text
KHARISMA KUSUMA PUTRI UTAMI - BAB IV.pdf - Submitted Version Download (163kB) |
|
Text
KHARISMA KUSUMA PUTRI UTAMI - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (117kB) |
|
Text
KHARISMA KUSUMA PUTRI UTAMI - LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis penggunaan
Instagram KPU Kota Semarang dalam menyosialisasikan Pemilu 2024 di Kota
Semarang dengan memanfaatkan media sosial Instagram untuk melakukan
komunikasi, meningkatkan kesadaran politik, dan memotivasi pemilih. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menekankan pada analisis deskriptif
dengan menggunakan bantuan triangulasi dalam melakukan pengolahan data yang
mengkombinasikan pendekatan etnografi digital dan wawancara. Etnografi digital
dalam penelitian ini dilakukan dengan mengamati Instagram KPU Kota Semarang
dalam rentang waktu 3 bulan. Wawancara yang dilakukan dalam penelitian ini
memperoleh 8 informan yang terdiri dari 1 informan validitas dari KPU Kota
Semarang dan 7 informan sebagai pemilih muda di Kota Semarang.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan temuan penelitian
sebagai berikut. Pertama, Instagram KPU Kota Semarang telah meningkatkan
pengetahuan dan membuat pemilih muda di Kota Semarang berminat pada Pemilu
2024. Kedua, informasi yang diunggah di Instagram KPU Kota Semarang mampu
meningkatkan kesadaran dan memotivasi pemilih untuk berinteraksi pada Pemilu
2024. Ketiga, informasi yang diunggah di Instagram KPU Kota Semarang bukan
satu-satunya faktor yang mempengaruhi pemilih untuk tergerak pada Pemilu 2024.
Keempat, pada Instagram KPU Kota Semarang belum mencerimkan adanya
komunikasi yang interaktif. Sehingga dalam penelitian ini Instagram KPU Kota
Semarang masih pasif dan berada pada level membuat pemilih mengetahui terkait
Pemilu 2024 dan memotivasi pemilih, belum sampai membuat pemilih tergerak
untuk memilih pada Pemilu 2024.
Kata Kunci: Instagram, Pemilu, pemilih muda, sosialisasi, kampanye digital, KPU
Kota Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 08:22 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 08:23 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23902 |
Actions (login required)
View Item |