Search for collections on Undip Repository

PEMELIHARAAN HUBUNGAN PERTEMANAN ANTARA PEMAIN GAME ONLINE VALORANT DALAM KOMUNITAS VIRTUAL

Rizqulloh, Muhammad Nadif (2024) PEMELIHARAAN HUBUNGAN PERTEMANAN ANTARA PEMAIN GAME ONLINE VALORANT DALAM KOMUNITAS VIRTUAL. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
cover - daftar isi.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (176kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (181kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
DAFPUS.pdf - Submitted Version

Download (174kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)

Abstract

Ruang virtual yang terbentuk dari para pemain game online memiliki kedua sisi, baik dan buruk. Salah satu dampak buruk yang ditimbulkan adalah ruang untuk konflik antar anggota. Banyak konflik antar anggota dimulai dengan aktivitas seperti chatting dan bercanda yang menciptakan sensitivitas di antara anggota. Pesan yang dikirim sering dianggap sebagai ujaran kebencian (hate speech). Ruang siber menyebabkan interaksi antar-individu menjadi dipengaruhi oleh media, sehingga tidak memungkinkan untuk mengetahui situasi psikologi lawan bicara, hal ini menyebabkan ketidakseimbangan dalam hubungan sosial di dunia maya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemeliharaan hubungan pertemanan yang berlangsung di dalam komunitas virtual pemain game Valorant tanpa harus bertemu serta mengetahui para individu yang tergabung di dalam komunitas virtual dalam menjaga pertemanan dengan mengelola konflik yang muncul.Teori yang digunakan adalah pemeliharaan hubungan pertemanan, teori interaksionisme simbolik dan teori dialektika relasional serta menggunakan metode penelitian fenomenologi.
Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah bahwa memelihara sebuah hubungan pertemanan dalam lingkup komunitas virtual bukanlah hal yang mudah dan dinamis, Pemeliharaan sebuah hubungan pertemanan menyesuaikan dengan kondisi individu dan tidak terikat pada sebuah alur tetap. Selanjutnya memelihara hubungan pertemanan mempunyai banyak faktor di dalamnya mulai dari bentuk komunikasi, media komunikasi, komitmen yang dibentuk, penanganan konflik, dan jarak yang memisahkan mereka. Komitmen menjadi faktor penentu yang kuat dalam memelihara sebuah hubungan pertemanan jarak jauh serta komunikasi menjadi aspek krusial dalam menjaga hubungan. Individu yang tergabung dalam komunitas virtual berusaha terbuka antara satu dengan yang lainnya

Kata Kunci : Pemeliharaan Hubungan, Komunitas Virtual, Komunikasi Interpersonal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 24 Jun 2024 08:11
Last Modified: 24 Jun 2024 08:11
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23900

Actions (login required)

View Item View Item