Search for collections on Undip Repository

GAMBARAN PELAKSANAAN PROGRAM PENDAMPINGAN KELUARGA BERISIKO STUNTING OLEH TIM PENDAMPING KELUARGA (TPK) DI KELURAHAN GENUKSARI KOTA SEMARANG

UTAMI, SISKA YULIA (2024) GAMBARAN PELAKSANAAN PROGRAM PENDAMPINGAN KELUARGA BERISIKO STUNTING OLEH TIM PENDAMPING KELUARGA (TPK) DI KELURAHAN GENUKSARI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO SISKA.pdf - Published Version

Download (492kB)

Abstract

Latar belakang: Stunting merupakan permasalahan kesehatan global karena memiliki dampak yang sangat merugikan berbagai kehidupan. Kota Semarang memiliki kinerja penanganan stunting yang dinilai bagus oleh BKKBN sehingga dijadikan sebagai pilot project zero stunting pada tahun 2021. Pada awalnya stunting di Kelurahan Genuksari Kota Semarang menduduki peringkat tertinggi di Kecamatan Genuk pada tahun 2022, namun kasus tersebut berhasil turun pada tahun 2023. Penurunan kasus stunting ini didukung oleh adanya program pendampingan keluarga berisiko stunting yang sudah berjalan hampir 2 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program pendampingan keluarga berisiko stunting oleh Tim Pendamping Keluarga (TPK) di Kelurahan Genuksari Kota Semarang.
Metode: Pengumpulan data secara deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan wawancara mendalam. Subjek penelitian terdiri dari tiga informan utama dan tiga informan triangulasi dengan metode purposive sampling. Validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber data. Reliabilitas data dilakukan dengan audit data dan analisis data menggunakan metode content analysis.
Hasil: Baduta berisiko stunting di Kelurahan Genuksari mendapat pendampingan penuh dari Tim Pendamping Keluarga (TPK) dari sejak usia tiga bulan hingga genap berusia dua tahun. Secara keseluruhan TPK di Kelurahan Genuksari sudah menjalankan tugas pendampingan dan melakukan pelaporan dengan baik. Akan tetapi mereka belum menerapkan tugas yang jelas berdasarkan buku panduan pelaksanaan pendampingan dari BKKBN. Akibatnya, Baduta berisiko stunting yang seharusnya mendapatkan pelayanan kesehatan di tingkat rujukan menjadi tidak terfasilitasi.
Kesimpulan: Tingkat pemahaman yang kurang pada panduan pelaksanaan pendampingan keluarga berisiko stunting oleh Tim Pendamping Keluarga (TPK) memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap keberjalanan program sehingga output yang diberikan kurang maksimal.

Kata Kunci : Tim Pendamping Keluarga, program pendampingan keluarga berisiko stunting, pencegahan stunting

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 24 Jun 2024 07:42
Last Modified: 24 Jun 2024 07:42
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23896

Actions (login required)

View Item View Item