Search for collections on Undip Repository

PENENTUAN UMUR SIMPAN PADA BISKUIT IBU HAMIL DENGAN SUBSTITUSI TEPUNG KACANG HIJAU DAN KACANG MERAH SEBAGAI MAKANAN TAMBAHAN

Kayla Syafika, Kintan and Nur Afifah, Diana and Sandi Wijayanti, Hartanti and Nuryanto, Nuryanto PENENTUAN UMUR SIMPAN PADA BISKUIT IBU HAMIL DENGAN SUBSTITUSI TEPUNG KACANG HIJAU DAN KACANG MERAH SEBAGAI MAKANAN TAMBAHAN. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Kintan Kayla Syafika.pdf

Download (161kB)

Abstract

Latar Belakang: Upaya penanggulangan ibu hamil KEK bisa melalui penyelenggaraan Pemberian Makanan Tambahan (PMT). Biskuit dipilih sebagai PMT karena memiliki rasa yang enak dan memiliki umur simpan yang lama. Umur simpan pada biskuit sangat penting diperhatikan karena berpengaruh terhadap kualitas dan mutu dari produk.
Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk menilai umur simpan biskuit yang ditujukan pada ibu hamil dengan menggunakan substitusi tepung kacang hijau dan tepung kacang merah sebagai bahan alternatif makanan tambahan. Metode yang dipakai adalah Accelerated Shelf-Life Testing (ASLT) dengan menggunakan model Arrhenius.
Metode: Penentuan umur simpan ibu hamil menggunakan metode Accelerated Shelf-Life Testing (ASLT) dengan model Arrhenius. Plastik polipropilen dipilih sebagai kemasan untuk biskuit ibu hamil. Biskuit disimpan pada suhu 25oC, 35oC, dan 45oC selama 20 hari. Selanjutnya uji kadar air dan kadar asam lemak bebas dilakukan setiap lima hari sekali.
Hasil: Selama proses penyimpanan 20 hari, parameter kadar air dan kadar asam lemak bebas menunjukkan adanya peningkatan. Perhitungan umur simpan berdasarkan parameter kadar air menunjukkan umur simpan yang lebih lama yaitu 23 hari pada suhu 25oC, 20 hari pada suhu 35oC, dan 18 hari pada suhu 45oC. Perhitungan umur simpan berdasarkan parameter kadar asam lemak bebas memiliki umur simpan yang lebih pendek yaitu 13 hari pada suhu 25oC, 12 hari pada suhu 35oC, dan 11 hari pada suhu 45oC.
Simpulan: Umur simpan yang di uji menggunakan parameter kadar air dan kadar asam lemak bebas dipengaruhi oleh suhu, lamanya penyimpanan dan kemasan yang digunakan. Biskuit ibu hamil pada suhu 25oC memiliki umur simpan terpanjang yakni selama 23 hari.
Kata kunci: Biskuit, Kacang hijau, Kacang merah, Umur simpan, Accelerated Shelf-Life Testing (ASLT).

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 24 Jun 2024 06:53
Last Modified: 24 Jun 2024 06:53
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23877

Actions (login required)

View Item View Item