Search for collections on Undip Repository

Gambaran Partisipasi Pasien Dalam Pengendalian Infeksi Terkait Layanan Kesehatan (HAIs): Kebersihan Tangan

Munawaroh, Munawaroh (2024) Gambaran Partisipasi Pasien Dalam Pengendalian Infeksi Terkait Layanan Kesehatan (HAIs): Kebersihan Tangan. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
1. Halaman Depan.pdf

Download (503kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img] Text
7. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (129kB)
[img] Text
9. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Partisipasi pasien merupakan aspek penting dalam proses perawatan. Pasien menganggap bahwa kebersihan tangan petugas kesehatan penting selama proses perawatan, namun pada kenyataannya pasien tidak berani untuk bertanya atau meminta petugas untuk melakukan kebersihan tangan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran partisipasi pasien dalam pengendalian infeksi terkait layanan kesehatan (HAIs): kebersihan tangan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 319 responden. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner partisipasi pasien Kyung Kim et al yang dikembangkan dari beberapa penelitian sebelumnya dan survey kebersihan tangan keselamatan pasien dari WHO. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi sebagian besar responden terkait urgensi kebersihan tangan sudah sangat baik (9.05 ± 0.922), akan tetapi kesediaan pasien untuk menegur atau meminta petugas terkait kebersihan tangan mereka berada pada kategori sedang (6.2 ± 2.453). Alasan pasien kesulitan untuk bertanya karena merasa bahwa hal tersebut bukanlah peran pasien melainkan sudah menjadi kewajiban petugas (35.7%). Metode partisipasi yang lebih disukai yaitu dengan menegur langsung ke petugas (29.2%). Persepsi pasien terkait kebersihan tangan sudah baik, akan tetapi partisipasi pasien berada pada kategori sedang karena pasien menganggap bahwa bukan tugas pasien untuk mengingatkan petugas terkait kebersihan tangan mereka. Rumah sakit diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang mendukung terciptanya partisipasi pasien (adanya SOP/ standar operasional prosedur) dan perawat dapat menjelaskan kepada pasien/ keluarga saat masuk bahwa mereka boleh bertanya terkait kebersihan tangan petugas.
Kata Kunci : Partisipasi pasien, Kebersihan Tangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nursing
Depositing User: Keperawatan Undip
Date Deposited: 24 Jun 2024 06:00
Last Modified: 24 Jun 2024 06:00
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23864

Actions (login required)

View Item View Item