Search for collections on Undip Repository

Studi Literatur: Peran Minuman Isotonik Berbahan Lokal Terhadap Pemulihan Otot pada Atlet Maraton

Nisa, Khoirotun and Anjani, Gemala and Ratna Noer, Etika and Nuryanto, Nuryanto Studi Literatur: Peran Minuman Isotonik Berbahan Lokal Terhadap Pemulihan Otot pada Atlet Maraton. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (11kB)

Abstract

Latar Belakang: Hilangnya elektrolit esensial garam natrium dan kalium menyebabkan komplikasi seperti kerusakan otot, kelelahan, dan sakit kepala. Untuk mengurangi risiko kerusakan pada otot setelah sesi latihan endurance dibutuhkan hidrasi yang cukup.
Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis minuman isotonik berbahan pangan lokal dan pengaruhnya terhadap pemulihan otot saat sesi latihan endurance.
Metode: Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur menggunakan narrative review. Pencarian dilakukan menggunakan empat database yaitu PubMed, Garuda, Springer dan ScienceDirect serta search engine yaitu Google Scholar yang berfokus pada peran minuman isotonik berbahan lokal dalam pemulihan otot saat sesi latihan endurance.
Hasil: Proses pencarian artikel ini menghasilan 3 artikel yang sesuai dan relevan untuk ditinjau. Artikel yang digunakan pada penelitian ini seluruhnya berbahasa Indonesia.
Simpulan: Hasil literatur ini mengulas 3 artikel penelitian dari Indonesia. Terdapat 3 minuman isotonik atau alternatif berbahan lokal yang dapat dimanfaatkan dalam sesi latihan endurance, yaitu air tebu, jus pisang, dan air kelapa.

Kata Kunci: Endurance, Ketahanan, Minuman Isotonik, Pemulihan Otot

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 24 Jun 2024 04:59
Last Modified: 24 Jun 2024 04:59
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23860

Actions (login required)

View Item View Item