Search for collections on Undip Repository

PUBLIC VALUE PEDAGANG DALAM PENGGUNAAN E-RETRIBUSI DI PASAR TRADISIONAL BANGETAYU KOTA SEMARANG

AFIFAH, MILLA NUR (2024) PUBLIC VALUE PEDAGANG DALAM PENGGUNAAN E-RETRIBUSI DI PASAR TRADISIONAL BANGETAYU KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (258kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (518kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (905kB)

Abstract

Kota Semarang menerapkan e-retribusi pasar pada tahun 2018, E-Retribusi dilakukan bertujuan meningkatkan efisiensi pendapatan pasar sehingga mengurangi biaya pengelolaan retribusi pasar. Tetapi terjadi penurunan pendapatan E-Retribusi di Pasar Bangetayu salah satunya karena perubahan bentuk pelayanan publik yang dahulu pembayaran retribusi manual menjadi otomatis melalui penggunaan E-Retribusi. Tujuan penelitian untuk mengetahui public value yang terdapat pada pedagang Pasar Bangetayu dalam menggunakan e-retribusi pasar. Selain itu untuk mengetahui, factor yang menjadi pendorong dan penghambat pedagang dalam penggunaan e-retribusi di Pasar Bangetayu Kota Semarang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode diskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Berdasarkan data yang diperoleh hasil penelitian pedagang Pasar Bangetayu kurang menerima adanya e-retribusi karena pedagang menilai e-retribusi kurang menguntungkan pedagang, kurang layak digunakan, pedagang kurang senang dalam penggunaanya, pedagang kesulitan dalam penggunaan e-retribusi. Tetapi adanya retribusi dapat menimbulkan rasa percaya pedagang teradap petugas dan meningkatkan pengetahuan pedagang dalam penggunaan e-money.
Kata kunci: Public Value, E-Retribusi, Inovasi Digital.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 24 Jun 2024 04:53
Last Modified: 24 Jun 2024 04:53
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23859

Actions (login required)

View Item View Item