Search for collections on Undip Repository

Korelasi Kadar LH, FSH, Dan Estradiol Dengan Rasio Fundus-Cervix Uteri, Volume Ovarium Dan Maturitas Tulang Pada Anak Perempuan Dengan Pubertas Prekoks Sentral (Studi Menggunakan X Foto Bone Age dan Ultrasonografi Pelvis)

Dewi, Estherolita and Satoto, Bambang and Utari, Agustini and Ningrum, Farah Hendara and Santoso, Antonius Gunawan and Sukmaningtyas, Hermina and Sudijanto, Eddy and Wahyuni, Frederica Mardiana (2024) Korelasi Kadar LH, FSH, Dan Estradiol Dengan Rasio Fundus-Cervix Uteri, Volume Ovarium Dan Maturitas Tulang Pada Anak Perempuan Dengan Pubertas Prekoks Sentral (Studi Menggunakan X Foto Bone Age dan Ultrasonografi Pelvis). Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak - Tesis - Lita)
Abstrak - Tesis - Lita.pdf

Download (112kB)

Abstract

Latar Belakang. Pubertas prekoks (PP) merupakan kelainan endokrin yang ditandai dengan perkembangan seks sekunder pada anak perempuan sebelum usia 8 tahun, terbanyak adalah Pubertas Prekoks Sentral (PPS). Diagnosis PPS ditegakkan melalui peningkatan kadar GnRH seperti Luteinizing hormone (LH), Follicle-stimulating hormone (FSH) dan estradiol, serta ditunjang dengan pemeriksaan imejing meliputi pemeriksaan maturitas tulang dan ultrasonografi (USG) pelvis.
Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis korelasi kadar LH, FSH, dan estradiol dengan maturitas tulang dan USG pelvis (rasio fundus-cervix uteri dan volume ovarium) pada anak perempuan dengan PPS.
Metode. Penelitian ini merupakan penelitian cross-sectional pada anak perempuan yang didiagnosis PPS dengan variabel bebas (Kadar LH, FSH, dan estradiol) dengan variabel tergantung (maturitas tulang, rasio fundus-cervix uteri dan volume ovarium). Penelitian dilakukan secara retrospektif berdasarkan hasil laboratorium dan gambaran radiologi dilakukan uji statistik dengan uji Cohen’s Kappa, Pearson dan Spearman Rho.
Hasil. Sampel penelitian berjumlah 32 orang. Uji Cohen’s Kappa (n=18) pada maturitas tulang memiliki reliabilitas dan konsistensi yang baik. Hasil pemeriksaan umur tulang menunjukkan percepatan pertumbuhan pada seluruh sampel, dengan kadar hormon estradiol yang paling mempengaruhi. Terdapat korelasi signifikan antara kadar estradiol dengan volume ovarium (r=0,468; p=0,007) dan rasio fundus cervix uteri (r=0,364; p=0,041), namun tidak terdapat korelasi antara hormon LH dan FSH dengan rasio fundus-cervix uteri, volume ovarium dan maturitas tulang
Kesimpulan. Terdapat korelasi antara kadar estradiol dengan volume ovarium dan fundus cervix uteri. Tidak terdapat korelasi kadar LH dan FSH dengan maturitas tulang, volume ovarium dan rasio fundus cervix uteri.

Kata Kunci: Pubertas Prekoks, Maturitas Tulang, ultrasonografi pelvis, Luteinizing Hromone, Follicle-stimulating hormone

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pubertas Prekoks, Maturitas Tulang, ultrasonografi pelvis, Luteinizing Hromone, Follicle-stimulating hormone
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 25 Jun 2024 05:09
Last Modified: 25 Jun 2024 05:09
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23857

Actions (login required)

View Item View Item