Search for collections on Undip Repository

Perbedaan Kualitas Diet dan Kebugaran Kardiorespiratori pada Atlet Klasifikasi Cabang Olahraga Endurance dan Power di PPLOP Jawa Tengah

Suryo Hadi Kusumo, Owais and Ratna Noer, Etika and Tri Susilo, Mursid and Fithra Dieny, Fillah Perbedaan Kualitas Diet dan Kebugaran Kardiorespiratori pada Atlet Klasifikasi Cabang Olahraga Endurance dan Power di PPLOP Jawa Tengah. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Owais Suryo Hadi Kusumo.pdf

Download (18kB)

Abstract

Latar belakang: Hasil studi tentang perbedaan kualitas diet dan kebugaran kardiorespiratori pada atlet cabang olahraga endurance dan power di Indonesia masih terbatas. Jika tidak terdapat perbedaan signifikan dalam kualitas diet dan kebugaran kardiorespiratori antara atlet cabang olahraga endurance dan power, hal ini dapat mengindikasikan kemungkinan adanya kekurangan kualitas diet, pelatihan, dan performa pada atlet endurance.
Tujuan: Perbedaan kualitas diet dan kebugaran kardiorespiratori pada atlet endurance dan power di PPLOP Jawa Tengah dapat diketahui.
Metode: Desain penelitian cross sectional, jumlah sampel ditentukan dengan rumus dua proporsi sampel dan diambil dengan teknik consecutive sampling. Subjek penelitian terdiri dari atlet endurance dan atlet power yang terdaftar di Pemusatan Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLOP) Jawa Tengah. Instrumen pengambilan data kualitas diet yaitu athlete diet index (ADI), sedangkan data kebugaran kardiorespiratori menggunakan harvard step-test. Analisis data dilakukan menggunakan Independent T-test.
Hasil: Mayoritas atlet memiliki IMT normal, persen lemak tubuh cukup, skor ADI rendah, dan skor Harvard Step-Test sangat baik. Analisis bivariat menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan antara kualitas diet (p = 0,826) dan kebugaran kardiorespiratori (p = 0,429) pada atlet klasifikasi cabang olahraga endurance dan power.
Simpulan: Tidak ada perbedaan signifikan antara kualitas diet dan kebugaran kardiorespiratori pada atlet klasifikasi cabang olahraga endurance dan power di PPLOP Jawa Tengah.
Kata kunci: Kualitas diet, athlete diet index, kebugaran kardiorespiratori, atlet endurance, atlet power

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 24 Jun 2024 04:24
Last Modified: 24 Jun 2024 04:24
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23853

Actions (login required)

View Item View Item