Search for collections on Undip Repository

Hubungan Persepsi Body Image dengan Gangguan Makan pada Perempuan Pengguna Media Sosial Instagram: Literatur Review

Rizka Isnaeni, Thania and Murbawani, Etisa Adi and Rustanti, Ninik and Syauqy, Ahmad Hubungan Persepsi Body Image dengan Gangguan Makan pada Perempuan Pengguna Media Sosial Instagram: Literatur Review. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Thania Rizka Isnaeni.pdf

Download (236kB)

Abstract

Latar belakang: persepsi body image dan ketidakpuasan tubuh merupakan salah satu faktor risiko terjadinya gangguan makan. Penggunaan media sosial instagram diketahui berkaitan dengan body image dan ketidakpuasan tubuh seseorang.
Tujuan: Studi ini bertujuan untuk mengulas hubungan antara persepsi body image dengan gangguan makan pada perempuan pengguna media sosial instagram.
Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literature review. Strategi dalam pencarian artikel yang relevan dilakukan melalui database Google Scholar, PubMed, Science Direct, Garuda dan Scopus dengan kata kunci “body image”, “eating disorder”, ”adolescent girl”, “woman”, dan “instagram” dengan menggunakan operator boolen seperti “AND” dan “OR”. Artikel yang sudah didapat kemudian diseleksi berdasarkan kriteria inklusi dan kriteria eksklusi.
Hasil: Penggunaan media sosial instagram yang berlebihan dapat menyebabkan seseorang melakukan perbandingan penampilan, yang pada akhirnya akan meningkatkan ketidakpuasan tubuh pada sesorang. Perbandingan penampilan merupakan salah satu faktor risiko penting yang diketahui berkontribusi pada perkembangan gangguan makan.
Kesimpulan: Terdapat korelasi yang signifikan antara persepi body image dengan gangguan makan pada perempuan pengguna media sosial instagram. Disarankan bagi remaja dan wanita dewasa muda untuk membatas penggunaan media sosial instagram terutama yang berfokus pada penampilan dan bentuk tubuh yang ideal.

Kata kunci: gangguan makan, citra tubuh, ketidakpuasan tubuh, instagram, remaja putri, wanita muda

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 24 Jun 2024 03:35
Last Modified: 24 Jun 2024 03:35
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23843

Actions (login required)

View Item View Item