Search for collections on Undip Repository

PERTANGGUNGJAWABAN BANK ATAS HILANGNNYA DANA TABUNGAN NASABAH KARENA KELALAIAN BANK. _124 DAGANG 2024

WIDANTO, TIMOTHY KURNIAWAN and Prananingtyas, Paramita and Rahmanda, Bagus (2024) PERTANGGUNGJAWABAN BANK ATAS HILANGNNYA DANA TABUNGAN NASABAH KARENA KELALAIAN BANK. _124 DAGANG 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Timothy Kurniawan Widanto - cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Timothy Kurniawan Widanto - abstrak.pdf

Download (370kB)
[img] Text
Timothy Kurniawan Widanto - bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)
[img] Text
Timothy Kurniawan Widanto - bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[img] Text
Timothy Kurniawan Widanto - bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (717kB)
[img] Text
Timothy Kurniawan Widanto - bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] Text
Timothy Kurniawan Widanto - dapus.pdf

Download (505kB)

Abstract

Perusahaan di industri perbankan wajib menjaga informasi pribadi konsumen dan pengelolaan keuangan. Sesuai Undang-Undang Perbankan, bank wajib menjaga tingkat kesehatannya dan menjalankan usahanya secara kehati-hatian sebagaimana
dimaksud dalam Pasal 29 ayat 2. Bank harus dapat menjaga kepercayaan masyarakat terhadap simpanan yang dipercayakan kepadanya karena sahnya hubungan antara mereka sebagai organisasi komersial dan pelanggan mereka sebagai konsumen.
Namun pada kenyataannya, ketidakmampuan bank seringkali menimbulkan kerugian bagi nasabah. Menemukan jenis-jenis kelalaian bank yang mengakibatkan kerugian bagi konsumen serta jenis pertanggungjawaban bank atas kelalaian tersebut menjadi dua tujuan utama penelitian ini. Penelitian ini dijalankan dengan menerapkan strategi yuridis normatif, yakni dengan menerapkan data sekunder atau sumber pustaka sebagai dasar penyelidikan, yang kemudian disilangkan dengan peraturan dan literatur terkait dengan menerapkan spesifikasi penelitian deskriptif analitis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya bank dapat lalai dalam menjalankan tugasnya seperti menyediakan sistem keamanan dan informasi yang lemah, pegawai yang lalai dalam menjalankan tugasnya, dan transparansi informasi yang buruk. Bank bertanggungjawab terhadap kelalaiannya yang menimbulkan
kerugian kepada nasabahnya dengan memberi ganti rugi.
Kata Kunci : Bank, Nasabah, Perbankan, Tanggungjawab, Kelalaian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bank, Nasabah, Perbankan, Tanggungjawab, Kelalaian
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 04 Jul 2024 08:46
Last Modified: 04 Jul 2024 08:46
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23835

Actions (login required)

View Item View Item