Search for collections on Undip Repository

Hubungan Konsumsi Kafein dan Lama Jam Kerja terhadap Tekanan Darah pada Sopir Truk Galian C di Kabupaten Klaten

Sofia Fara Hamida, Agista and Pramono, Adriyan and Maharani, Nani and Ratna Noer, Etika Hubungan Konsumsi Kafein dan Lama Jam Kerja terhadap Tekanan Darah pada Sopir Truk Galian C di Kabupaten Klaten. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Agista Sofia Fara Hamida.pdf

Download (188kB)

Abstract

Latar Belakang : Sopir truk lebih berisiko mengalami hipertensi. Kebiasaan yang dimiliki yaitu sering konsumsi minuman berkafein dan jam kerja yang lama. Konsumsi kafein dan jam kerja sering dikaitkan dengan peningkatan tekanan darah.
Tujuan : Mengetahui hubungan konsumsi kafein dan lama jam kerja terhadap tekanan darah pada sopir truk galian C di Kabupaten Klaten
Metode : Desain penelitian cross sectional dengan jumlah sampel 67 orang sopir yang dipilih secara consecutive sampling. Variabel penelitian antara lain tekanan darah sistolik dan diastolik, konsumsi kafein, lama jam kerja, riwayat hipertensi keluarga, kebiasaan merokok, durasi tidur, IMT, lingkar perut, aktivitas fisik, asupan lemak, serat, natrium, dan kalium. Data dianalisis menggunakan uji regresi linear berganda.
Hasil : Persentase hipertensi sopir mencapai 40,3% dan prehipertensi 34,3%. Mayoritas konsumsi kafein (91%) dan lama jam kerja subjek normal (86,6%). Konsumsi kafein dan lama jam kerja tidak berhubungan dengan tekanan darah sistolik dan diastolik (p>0,05). Asupan serat berhubungan dengan tekanan darah sistolik (p=0,043). Asupan natrium berhubungan dengan tekanan darah sistolik (p=0,000) dan diastolik (p=0,000).
Simpulan : Konsumsi kafein dan lama jam kerja tidak berhubungan dengan tekanan darah sistolik dan diastolik
Kata Kunci : sopir, tekanan darah, konsumsi kafein, lama jam kerja

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 24 Jun 2024 02:38
Last Modified: 24 Jun 2024 02:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23832

Actions (login required)

View Item View Item