Search for collections on Undip Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA KARYAWAN PT SURI TANI PEMUKA CIREBON

SHABILLAH, ANINDHIA PUTERI SHAL (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA KARYAWAN PT SURI TANI PEMUKA CIREBON. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO ANINDHIA.pdf - Published Version

Download (447kB)

Abstract

Kemampuan hidup sehat adalah HAM dan merupakan intervensi untuk kehidupan yang produktif. Kementerian Kesehatan RI menginisiasi PHBS untuk mendukung peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, termasuk di tempat kerja. Laporan penyakit perusahaan dalam 2 tahun terakhir mendapatkan 5 kasus tertinggi pada karyawan khususnya bagian produksi yang berhubungan dengan PHBS, yaitu chephalgia, common cold, myalgia, vomitus, dan dyspepsia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan PHBS pada karyawan PT. Suritani Pemuka Cirebon.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara menggunakan kuesioner kepada 73 responden PT. Suritani Pemuka Cirebon. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan uji chi-square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden berada pada kategori dewasa awal (83,6%), berjenis kelamin (79,5%), memiliki tingkat pendidikan rendah (53,4%), dan memiliki masa kerja  1 tahun (60,3%). Diketahui bahwa 46,6% karyawan PT. Suri Tani Pemuka Cirebon kurang dalam penerapan PHBS di tempat kerja. Variabel yang berhubungan dengan penerapan PHBS bagi karyawan adalah tingkat pendidikan (=0,001), masa kerja (=0,002), pengetahuan (=0,001), sumber informasi (=0,001), sarana dan prasarana (=0,002), dan dukungan rekan kerja (=0,001). Variabel yang tidak memiliki hubungan signifikan dengan penerapan PHBS karyawan, yaitu usia, jenis kelamin, sikap, peraturan tempat kerja, dukungan atasan, dan dukungan petugas kesehatan.
Dapat disimpulkan bahwa penerapan PHBS pada karyawan PT. Suri Tani Pemuka Cirebon dipengaruhi oleh tingkat pendidikan, masa kerja, pengetahuan, sumber informasi, sarana dan prasarana, serta dukungan rekan kerja.

Kata Kunci : Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS); Tempat Kerja; Pekerja; Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 24 Jun 2024 02:00
Last Modified: 24 Jun 2024 02:00
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23827

Actions (login required)

View Item View Item