Search for collections on Undip Repository

Hubungan Gerakan Dominan dan Durasi Bermain Video Game pada Smartphone Terhadap Keluhan Subjektif Carpal Tunnel Syndrome

Zaini, Naufal Fathihasani and Himawan, Ari Budi and Budisulistyo, Trianggoro and Wati, Arinta Puspita (2024) Hubungan Gerakan Dominan dan Durasi Bermain Video Game pada Smartphone Terhadap Keluhan Subjektif Carpal Tunnel Syndrome. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
Naufal Fathihasani Zaini-22010120140238-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (159kB)

Abstract

Latar Belakang: Video game pada smartphone berkembang sangat masif karena memiliki mobilitas yang praktis dan terjangkau untuk masyarakat. Pemain kerap menghabiskan waktu lama dengan posisi statis dengan gerakan repetisi selama bermain video game pada smartphone. Hal ini kerap menimbulkan beberapa kondisi yang menjadi gejala carpal tunnel syndrome (CTS).
Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan gerakan dominan dan durasi bermain video game pada smartphone terhadap keluhan CTS.
Metode: Penelitian analitik dengan desain cross-sectional menggunakan kuesioner Boston Carpal Tunnel Quessionnaire (BCTQ) dengan subjek penelitian Mahasiswa Kedokteran Universitas Diponegoro Angkatan 2020 dan 2021 sebanyak 97 responden. Signifikansi data dilakukan dengan menggunakan crosstabs uji Spearman.
Hasil: Terdapat responden yang mengalami keluhan subjektif berdasarkan BCTQ sebanyak 54,1% berderajat ringan. Tidak didapatkan hubungan antara gerakan dominan yang dimainkan pemain video game pada smartphone terhadap keluhan subjektif CTS. Terdapat hubungan antara durasi bermain video game pada smartphone terhadap keluhan subjektif CTS.
Kesimpulan: Tidak didapatkan hubungan antara gerakan dominan yang dimainkan pemain video game pada smartphone terhadap keluhan subjektif CTS dan didapatkan hubungan antara durasi bermain video game pada smartphone terhadap keluhan subjektif CTS
Kata Kunci: CTS, durasi, gerakan dominan, video game, gerakan berulang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: CTS, durasi, gerakan dominan, video game, gerakan berulang
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 24 Jun 2024 03:10
Last Modified: 24 Jun 2024 03:10
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23811

Actions (login required)

View Item View Item