Search for collections on Undip Repository

Hubungan Body Image dengan Tingkat Asupan Energi dan Massa Lemak Tubuh

Hertyani, Aprilia Ditta and Ardiaria, Martha and Candra, Aryu (2024) Hubungan Body Image dengan Tingkat Asupan Energi dan Massa Lemak Tubuh. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK ARTIKEL INDO-INGGRIS)
ABSTRAK ARTIKEL INDO-INGGRIS.pdf

Download (26kB)

Abstract

Latar Belakang: Body image diartikan sebagai sebuah persepsi, pemikiran dan perasaan seseorang terhadap tubuhnya. Body image dipengaruhi oleh beberapa hal seperti perubahan bentuk dan berat badan yang cepat terutama pada masa pubertas yang banyak dialami oleh para remaja, masa remaja merupakan masa kritis terutama dalam perkembangan citra tubuh. Dalam perkembangannya, body image terbagi menjadi body image positif dan body image negatif yang dipengaruhi oleh faktor dari dalam maupun dari luar.
Tujuan: Menganalisis hubungan karakteristik body image dengan tingkat asupan energi dan massa lemak tubuh pada Mahasiswa Kedokteran.
Metode: Penelitian dilakukan dengan menggunakan desain atau rancangan cross-sectional yang merupakan penelitian observasional. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswi aktif angkatan 2020 Fakultas Kedokteran Program Studi kedokteran Universitas Diponegoro yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi.
Hasil: Hasil uji chi-square antara body image terhadap massa lemak tubuh dan tingkat aktivitas fisik didapatkan p < 0,05 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa body image berpengaruh signifikan terhadap massa lemak tubuh dengan nilai prevalensi 0,006 serta tingkat aktivitas fisik dengan nilai prevalensi sebesar 0,014. Sedangkan, berdasarkan hasil uji chi-square antara body image terhadap tingkat asupan energi dan tingkat pengetahuan gizi didapatkan p > 0,05 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa body image tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat asupan energi dengan nilai prevalensi sebesar 0,907 serta tingkat pengetahuan gizi dengan nilai prevalensi sebesar 0,850.
Kesimpulan: Disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara body image dengan massa lemak tubuh dan tingkat aktivitas fisik namun tidak terdapat adanya hubungan yang signifikan antara body image dengan tingkat asupan energi dan tingkat pengetahuan gizi.

Kata kunci: body image, asupan energi, masa lemak tubuh, aktivitas fisik, pengetahuan gizi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: body image, asupan energi, masa lemak tubuh, aktivitas fisik, pengetahuan gizi.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 25 Jun 2024 04:47
Last Modified: 25 Jun 2024 04:47
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23789

Actions (login required)

View Item View Item