Search for collections on Undip Repository

Hubungan Pengetahuan dan Perilaku Pemeliharaan Kesehatan Gigi dan Gusi terhadap Kelainan Jaringan Periodontal Mahasiswa Strata-1 Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro

Panjalu, Abiyudha and Prihatiningsih, Tyas and Purnomo, Brigitta Natania Renata and Nosartika, Isniya (2024) Hubungan Pengetahuan dan Perilaku Pemeliharaan Kesehatan Gigi dan Gusi terhadap Kelainan Jaringan Periodontal Mahasiswa Strata-1 Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK ABIJALU)
ABSTRAK ABIJALU.pdf

Download (19kB)

Abstract

Tujuan: Mengetahui dan menganalisis hubungan pengetahuan dan perilaku pemeliharaan kesehatan gigi dan gusi terhadap kelainan jaringan periodontal pada mahasiswa strata-1 Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan desain penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa strata-1 Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro angkatan 2020 dengan cara sampling cluster random sampling. Data didapatkan melalui responden menggunakan instrumen penelitian kuesioner yang terdiri dari bagian pengetahuan dan perilaku serta dilanjutkan pemeriksaan klinis menggunakan indeks Loe and Silness. Data dianalisis dengan uji korelasi Spearman dengan nilai signifikansi p < 0,05. Hasil: Data menunjukkan bahwa pengetahuan dan perilaku mahasiswa kedokteran adalah baik, sedangkan kelainan jaringan periodontal pada mahasiswa kedokteran ditemukan sebesar 34%. Hasil uji korelasi Spearman antara pengetahuan dengan perilaku pemeliharaan kesehatan gigi dan gusi menunjukkan korelasi positif kuat dengan nilai rho 0,674, tetapi sebaliknya dengan pengetahuan terhadap kelainan jaringan periodontal menunjukkan korelasi negatif sedang/cukup dengan nilai rho -0,547 dan perilaku terhadap kelainan jaringan periodontal menunjukkan korelasi negatif sangat kuat dengan nilai rho -0,818 yang memiliki hubungan yang signifikan dengan p-value = 0,000 pada setiap variabel. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dan perilaku pemeliharaan kesehatan gigi dan gusi terhadap kelainan jaringan periodontal pada mahasiswa Strata-1 Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Kata Kunci : Pengetahuan, Perilaku, Pemeliharaan Kesehatan Gigi dan Gusi, Kelainan Jaringan Periodontal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Perilaku, Pemeliharaan Kesehatan Gigi dan Gusi, Kelainan Jaringan Periodontal
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Dentistry
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 24 Jun 2024 06:51
Last Modified: 24 Jun 2024 06:51
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23787

Actions (login required)

View Item View Item