Search for collections on Undip Repository

PENGARUH CONTENT MARKETING DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA APLIKASI TOKOPEDIA (Studi pada Generasi Z Pengguna Tokopedia di Jakarta)

Saksono, Salmaa Ardina (2024) PENGARUH CONTENT MARKETING DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA APLIKASI TOKOPEDIA (Studi pada Generasi Z Pengguna Tokopedia di Jakarta). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (919kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (117kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (130kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya temuan nilai rata-rata pengunjung bulanan Tokopedia tahun 2021 – 2023 yang terus mengalami penurunan. Selain itu, hasil Top Brand Index tahun 2019 – 2023 yang dimiliki Tokopedia juga mengalami kenaikan dan penurunan setiap tahunnya. Penurunan nilai pengunjung dan Top Brand Index Tokopedia berpengaruh kepada kegiatan penjualan Tokopedia. Penurunan kegiatan penjualan Tokopedia kemungkinan besar akan menyebabkan turunnya pula minat beli konsumen.
Penelitian ini bertipe eksplanatori yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan besaran pengaruh variabel content marketing dan brand ambassador terhadap purchase intention yang dilakukan oleh konsumen generasi Z Tokopedia di Kota Jakarta dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan metode penelitian accidental sampling dan purposive sampling. Uji coba instrumen dan hipotesis dilakukan menggunakan software SmartPLS 3.0.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara
content marketing terhadap purchase intention, brand ambassador terhadap purchase intention, serta content marketing dan brand ambassador secara bersama- sama terhadap purchase intention. Peneliti menyarankan Tokopedia agar memperhatikan dan meningkatkan content marketing yang dibuat dan brand ambassador yang ditunjuk sehingga minat beli produk dan jasa yang ditawarkan Tokopedia dapat mengalami peningkatan.

Kata Kunci: Content Marketing, Brand Ambassador, Purchase Intention

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 21 Jun 2024 07:27
Last Modified: 21 Jun 2024 07:27
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23786

Actions (login required)

View Item View Item