Search for collections on Undip Repository

GAMBARAN DUKUNGAN SUAMI PADA MASA KEHAMILAN REMAJA YANG MENGALAMI KEHAMILAN TIDAK DIINGINKAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS X KABUPATEN DEMAK

NAIBAHO, DEWI EPIPANIA BR (2024) GAMBARAN DUKUNGAN SUAMI PADA MASA KEHAMILAN REMAJA YANG MENGALAMI KEHAMILAN TIDAK DIINGINKAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS X KABUPATEN DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO DEWI.pdf - Published Version

Download (423kB)

Abstract

Kehamilan tidak diinginkan (KTD) sudah menjadi sebuah fenomena sosial masyarakat yang semakin marak terjadi di kelompok usia remaja. Dukungan yang diberikan dari suami menjadi faktor utama untuk mengurangi kecemasan saat masa kehamilan dan menjadi sebuah strategi rehabilitasi pemulihan keadaan KTD. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pemberian dukungan suami pada masa kehamilan remaja yang mengalami KTD di wilayah kerja Puskesmas X Kabupaten Demak. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dengan desain fenomologi terhadap 4 subjek penelitian dengan melakukan pendekatan untuk menciptakan trust pada informan. Informan ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dengan pengambilan data melalui wawancara mendalam. 3 informan masih berusia remaja dan satu informan lainnya berusia dewasa, sudah bekerja dan memiliki riwayat pendidikan terakhir yaitu SMP dan SMA. Informan menunjukkan respon pada kejadian KTD dengan stres serta koping masalah dengan melakukan pernikahan. Ditemukan dukungan emosional berupa perhatian, kasih sayang, dan empati; dukungan penghargaan berupa pemberian hadiah, pujian, ungkapan terima kasih, dan ungkapan positif; dukungan instrumental berupa tanggung jawab kesehatan, pekerjaan rumah tangga, finansial, dan mobilisasi; serta dukungan informatif berupa saran dan nasihat.

Kata kunci : Kehamilan tidak diinginkan, dukungan, suami

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 21 Jun 2024 01:49
Last Modified: 21 Jun 2024 01:49
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23747

Actions (login required)

View Item View Item