Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Lama Perendaman Resin Komposit Nanofiller dalam Obat Kumur Cetylpyridinium Chloride Non-Alkohol Terhadap Kekasaran Permukaan

Dewi, Nadya and Fortuna, Gloria and Chairani, Elissa (2024) Pengaruh Lama Perendaman Resin Komposit Nanofiller dalam Obat Kumur Cetylpyridinium Chloride Non-Alkohol Terhadap Kekasaran Permukaan. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
NADYA BERLYANA PRIMA DEWI-22010220120005-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan: Mengetahui perbedaan pengaruh lama perendaman resin komposit nanofiller dalam obat kumur CPC non-alkohol terhadap kekasaran permukaannya. Metode: Penelitian menggunakan jenis eksperimental laboratoris dengan rancangan pre-test post-test with control group design. Sebanyak 28 sampel dibagi ke dalam 4 kelompok, terdiri dari 2 kelompok kontrol dan 2 kelompok perlakuan. Kelompok kontrol direndam dalam saliva buatan, sedangkan kelompok perlakuan direndam obat kumur CPC non-alkohol selama 12 dan 24 jam. Kekasaran permukaan sampel diukur dengan alat Surface Roughness Tester Mitutoyo SJ-210. Data dianalisis dengan uji Paired T-Test dan Kruskal-Wallis dilanjutkan Post Hoc Bonferroni Test. Hasil: Hasil uji Paired T-Test didapatkan nilai p<0,05 yang menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada semua kelompok sebelum dan sesudah dilakukan perendaman. Hasil uji Kruskal-Wallis didapatkan nilai p<0,05 yang artinya terdapat perbedaan peningkatan kekasaran permukaan pada setiap kelompok. Hasil Post Hoc Bonferroni Test didapatkan nilai p<0,05 pada hampir semua pasangan kelompok yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan kekasaran permukaannya. Hasil yang tidak signifikan (nilai p>0,05) didapatkan pada pasangan kelompok yang direndam saliva buatan selama 12 jam dan 24 jam serta pada pasangan kelompok yang direndam obat kumur CPC non-alkohol selama 12 jam dan 24 jam, yang artinya tidak terdapat perbedaan peningkatan kekasaran yang signifikan pada kedua pasangan kelompok tersebut. Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada pengaruh lama perendaman resin komposit nanofiller dalam obat kumur CPC non-alkohol terhadap tingkat kekasaran permukaannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Resin komposit nanofiller, obat kumur cetylpyridinium chloride non-alkohol, kekasaran permukaan
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Dentistry
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 26 Jun 2024 01:50
Last Modified: 26 Jun 2024 01:50
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23740

Actions (login required)

View Item View Item