Search for collections on Undip Repository

MANAJEMEN PELAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN MASYARAKAT PADA SEKRETARIAT JENDERAL DEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIA

Arum Jagaddhita, Meylani (2024) MANAJEMEN PELAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN MASYARAKAT PADA SEKRETARIAT JENDERAL DEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIA. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
MEYLANI ARUM J_BAB 1 - Meylani Arum.pdf - Published Version

Download (434kB)
[img] Text
MEYLANI ARUM J_COVER - Meylani Arum.pdf - Published Version

Download (469kB)
[img] Text
MEYLANI ARUM J_BAB 2 - Meylani Arum.pdf - Published Version

Download (426kB)
[img] Text
MEYLANI ARUM J_BAB 3 - Meylani Arum.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)
[img] Text
MEYLANI ARUM J_BAB 4 - Meylani Arum.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
MEYLANI ARUM J_DAFTAR PUSTAKA - Meylani Arum.pdf - Published Version

Download (96kB)
[img] Text
MEYLANI ARUM J_DAFTAR LAMPIRAN - Meylani Arum.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelayanan pengaduan masyarakat yang masih belum, berjalan dengan baik karena masih banyak jumlah surat pengaduan yang belum di proses dan setiap tahun jumlah surat yang dapat dilanjutkan ke Alat Kelengkapan Dewan jumlahnya tidak sesuai dengan jumlah surat yang masuk, hal ini di karena kan jumlah pegawai yang mengelola pengaduan masih kurang sehingga waktu penyelesaian pengaduan belum sesuai dengan SOP dan mengalami keterlambatan dalam penanganan pengaduan dan masyarakat masih kesulitan dalam mengirimkan pengaduan ke DPR padahal salah satu fungsi DPR adalah memberikan pengawasan terhadap program-program pelayanan yang berikan kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis manajemen pelayanan dan faktor penghambat dan pendukung layanan aspirasi dan pengaduan masyarakat yang dilakukan oleh Bagian Pengaduan Masyarakat Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengelolaan Layanan Aspirasi Dan Pengaduan Masyarakat Pada Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dapat dikatakan sudah optimal dilihat dari keberhasilan 3 dari 4 dimensi yang ada yaitu regulasi layanan (service regulation), fasilitas layanan (service fasilities), peranan tim pengarah (advisory team). Dan dimensi yang belum optimal adalah prinsip pelayanan (service principle). Berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Rahmayanty (2013) tentang manajemen pelayanan publik menyatakan terdapat 4 indikator yaitu regulasi layanan (service regulation), fasilitas layanan (service fasilities), peranan tim pengarah (advisory team), dan prinsip pelayanan (service principle)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: Endang Suprihatin
Date Deposited: 20 Jun 2024 02:11
Last Modified: 20 Jun 2024 02:11
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23688

Actions (login required)

View Item View Item