Search for collections on Undip Repository

PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE FUZZY GOAL PROGRAMMING DAN BI-LEVEL FUZZY GOAL PROGRAMMING UNTUK OPTIMALISASI PERENCANAAN PRODUKSI MULTI OBJEKTIF

WULANDARI, LIZA (2024) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE FUZZY GOAL PROGRAMMING DAN BI-LEVEL FUZZY GOAL PROGRAMMING UNTUK OPTIMALISASI PERENCANAAN PRODUKSI MULTI OBJEKTIF. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
FILE 1 PENDAHULUAN - LIZA WULANDARI.pdf

Download (257kB)
[img] Text
FILE 2 ISI - LIZA WULANDARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (820kB) | Request a copy
[img] Text
FILE 3 DAFTAR PUSTAKA - LIZA WULANDARI.pdf

Download (218kB)

Abstract

Perencanaan produksi merupakan proses krusial dalam industri untuk menentukan jumlah produk yang akan diproduksi dalam satu periode tertentu. Dalam perencanaan produksi, terdapat beberapa tujuan yang ingin dicapai, seperti memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan biaya produksi. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas dua metode dalam perencanaan produksi, yaitu Fuzzy Goal Programming (FGP) dan Bi-level Fuzzy Goal Programming (Bi-level FGP). Hasil perbandingan kedua metode tersebut menunjukkan bahwa kinerja Fuzzy Goal Programming dan Bi-level Fuzzy Goal Programming bervariasi tergantung pada konteks perencanaan produksi. FGP lebih efektif dalam menghasilkan pendapatan dan keuntungan lebih tinggi pada skenario produksi sederhana, sedangkan Bi-level FGP unggul dalam skenario yang lebih kompleks. FGP menawarkan komputasi yang lebih sederhana dan cepat, sementara Bi-level FGP mampu menangani interaksi hierarkis yang kompleks. Pemilihan metode harus mempertimbangkan kompleksitas masalah dan tujuan strategis perusahaan untuk mencapai hasil optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
Depositing User: Nurcahya Yulian
Date Deposited: 20 Jun 2024 01:59
Last Modified: 20 Jun 2024 01:59
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23687

Actions (login required)

View Item View Item