Search for collections on Undip Repository

GAMBARAN PERILAKU PENDERITA TB PARU POSITIF DALAM UPAYA MENCEGAH PENULARAN PENYAKIT TUBERKULOSIS PADA KELUARGA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KEDUNGMUNDU KOTA SEMARANG

SARAGIH, FEBBY RACHEL EUNIKE (2024) GAMBARAN PERILAKU PENDERITA TB PARU POSITIF DALAM UPAYA MENCEGAH PENULARAN PENYAKIT TUBERKULOSIS PADA KELUARGA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KEDUNGMUNDU KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO FEBBY.pdf - Published Version

Download (433kB)

Abstract

Penyakit Tuberkulosis masih menjadi masalah kesehatan global. Upaya – upaya pencegahan harus dilakukan agar penderita Tuberkulosis tidak menularkan penyakit Tuberkulosis kepada orang – orang disekitarnya terutama orang kontak serumah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gambaran perilaku penderita TB dalam pencegahan dan penularan penyakit TB pada anggota keluarga di Wilayah Kerja Puskesmas Kedungmundu Kota Semarang.
Desain penelitian yang digunakan adalah cross-sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik total populasi dan pengumpulan data melalui wawancara menggunakan kuesioner. Penderita TB paru positif (Agustus 2023 – Januari 2024) di wilayah kerja Puskesmas Kedungmundu berjumlah 38 orang. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan uji chi-square. Penelitian ini telah lulus uji etik dari Komite Etik Penelitian Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro No : 113/EA/KEPK-FKM/2024.
Hasil penelitian menunjukkan 39,5% penderita TB paru positif memiliki perilaku yang buruk. Variabel yang berhubungan dengan perilaku pencegahan penularan penyakit TB pada keluarga adalah pengetahuan (p=0,002), sikap (p=0,039), persepsi (p=0,030), dukungan keluarga (p=0,001), dan dukungan tenaga kesehatan (p=0,017). Variabel yang tidak berhubungan siginifikan dengan perilaku pencegahan penularan penyakit TB yaitu usia (p=0,635), jenis kelamin (p=0,744), pendidikan (p=0,258), dan status pekerjaan(p=0,158).
Diharapkannya Puskesmas Kedungmundu dapat memberikan edukasi tentang perilaku pencegahan penularan penyakit TB pada pasien TB paru positif, petugas kesehatan dapat memberikan edukasi tentang periaku pencegahan yang harus dilakukan penderita agar keluarga tidak terjangkit penyakit. Bentuk pemberian edukasi dapat didukung dengan penyebaran leaflet pada saat pasien mengunjungi fasilitas kesehatan.

Kata Kunci : Tuberkulosis, Perilaku Pencegahan, keluarga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 20 Jun 2024 01:22
Last Modified: 20 Jun 2024 01:22
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23683

Actions (login required)

View Item View Item