Search for collections on Undip Repository

PROFIL TATALAKSANA NYERI AKUT PADA PASIEN PEDIATRI PASCA OPERASI DI RS KARIADI

Mafazi, Fikri Alim and Mochamat, Mochamat and PRIMATIKA, ARIA DIAN (2024) PROFIL TATALAKSANA NYERI AKUT PADA PASIEN PEDIATRI PASCA OPERASI DI RS KARIADI. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-TESIS.pdf

Download (192kB)

Abstract

Latar belakang: Pasca operasi, nyeri seringkali menjadi keluhan utama yang dialami oleh pasien anak. Nyeri ini dapat dijelaskan sebagai pengalaman yang tidak menyenangkan secara sensoris dan emosional yang terkait dengan adanya kerusakan pada jaringan tubuh. Penting untuk memperhatikan proses penilaian dan dokumentasi nyeri pada anak-anak dengan menggunakan alat yang sesuai agar manajemen nyeri dapat dilakukan secara efektif.
Tujuan: Mengetahui profil dan efektivitas pemberian analgetik pascaoperasi pada pasien pediatrik di RS Kariadi
Metode: Penelitian ini dilakukan dengan deskriptif observasional dengan pendekatan kohor prospektif. Pengambilan data dengan metode total sampling yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi, dilakukan di ruang pemulihan dan bangsal perawatan, menggunakan instrumen penilaian nyeri sesuai dengan kelompok usia tertentu.
Hasil: Penelitian ini menganalisis data dari 160 pasien pediatrik yang menjalani operasi elektif di RS Kariadi. Mayoritas pasien adalah laki-laki (61,6%) dengan usia antara 8 hingga kurang dari 18 tahun. Analisis menyoroti variasi dalam karakteristik pasien, jenis operasi, dan jenis anestesi yang digunakan, dengan General Anesthesia (GA) murni menjadi yang paling umum. Paracetamol merupakan analgesik paling umum digunakan, diikuti oleh kombinasi Parasetamol dengan ketorolak dan fentanil. Evaluasi intensitas nyeri menunjukkan penurunan nyeri setelah operasi, dengan mayoritas pasien melaporkan nyeri ringan atau tidak sama sekali. Penggunaan analgetik pascaoperasi pada pasien pediatrik di RS Kariadi sudah baik (99,4%)
Simpulan: Penggunaan analgetik pascaoperasi pada pasien pediatrik di RS Kariadi sudah baik.
Kata Kunci: profil, efektivitas, analgetik, pediatrik, pascaoperasi

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: profil, efektivitas, analgetik, pediatrik, pascaoperasi
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 20 Jun 2024 05:49
Last Modified: 20 Jun 2024 05:49
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23667

Actions (login required)

View Item View Item