Search for collections on Undip Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK ANTENATAL CARE (ANC) PADA IBU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KARANGRAYUNG I KABUPATEN GROBOGAN

PARAHITA, RIDHA ANINDYAPUTRI (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK ANTENATAL CARE (ANC) PADA IBU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KARANGRAYUNG I KABUPATEN GROBOGAN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO RIDHA.pdf - Published Version

Download (426kB)

Abstract

Angka Kematian Ibu masih menjadi masalah yang dihadapi oleh Indonesia. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan Angka Kematian Ibu yaitu ketika ibu hamil belum dapat memanfaatkan pelayanan antenatal care dengan optimal. Melakukan perawatan dan pemeriksaan selama masa kehamilan bertujuan untuk mengurangi risiko kematian yang mungkin terjadi saat melahirkan. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan praktik antenatal care pada ibu di wilayah kerja puskesmas Karangrayung I Kabupaten Grobogan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling menggunakan rumus Stanley Lameshow. Pengumpulan data melalui wawancara menggunakan kuesioner. Ibu yang telah menjalani pemeriksaan kehamilan KI-K4 pada tahun 2023 berjumlah 85 orang. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat.
Hasil penelitian menunjukkan 32,9% ibu memiliki praktik ANC kurang baik. Variabel yang berhubungan dengan praktik ANC pada ibu adalah pengetahuan (p=0,002), sikap (p=0,047), ketersediaan pelayanan kesehatan (p=0,048), keterjangkauan pelayanan kesehatan (p=0,007), dan dukungan tenaga kesehatan (p=0,006). Diharapkan puskesmas Karangrayung I melalui bidang Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) memberikan edukasi, pendampingan, dan konseling untuk meningkatkan pengetahuan ibu tentang pemanfaatan ANC. Puskesmas Karangrayung I juga diharapkan dapat menunjang optimalnya pemberian pelayanan kepada seluruh pasien dengan ramah.

Kata Kunci : Antenatal care, ibu, Angka Kematian Ibu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 19 Jun 2024 02:43
Last Modified: 19 Jun 2024 02:43
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23650

Actions (login required)

View Item View Item