Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN RASIONALITAS PENGGUNAAN OBAT GOLONGAN STATIN DENGAN PENCAPAIAN TARGET TERAPI PASIEN DISLIPIDEMIA (STUDI DI RUMAH SAKIT DAERAH K.R.M.R WONGSONEGORO SEMARANG)

Sa'diyah, Nafissatus and Annisaa', Eva and Dini, Intan Rahmania Eka (2024) HUBUNGAN RASIONALITAS PENGGUNAAN OBAT GOLONGAN STATIN DENGAN PENCAPAIAN TARGET TERAPI PASIEN DISLIPIDEMIA (STUDI DI RUMAH SAKIT DAERAH K.R.M.R WONGSONEGORO SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
ABSTRAK-KTI.pdf

Download (69kB)

Abstract

Latar Belakang: Dislipidemia menjadi salah satu faktor risiko terjadinya PJK dan stroke. Kedua penyakit kardiovaskuler tersebut merupakan penyebab kematian tertinggi di dunia. Obat golongan statin yang berperan sebagai lini pertama terapi dislipidemia harus diberikan secara rasional untuk memaksimalkan ketercapaian target terapi dan mencegah efek yang tidak diharapkan.
Tujuan: Mengetahui rasionalitas penggunaan obat golongan statin, gambaran pencapaian target terapi dislipidemia, serta hubungan antara rasionalitas penggunaan statin dengan pencapaian target terapi pasien dislipidemia.
Metode: Penelitian ini merupakan bagian dari studi observasional analitik dengan pendekatan restrospektif menggunakan data rekam medis. Sebanyak 95 sampel diambil dengan teknik total sampling kemudian analisis bivariat dilakukan melalui uji Fisher.
Hasil: Penggunaan statin di RSD K.R.M.T Wongsonegoro menunjukkan tepat pasien sebesar 97%, tepat dosis 100%, dan tepat obat 24%. Sebanyak 24% pasien mendapatkan statin secara rasional dan 7% pasien mencapai target terapi. Tidak terdapat hubungan yang signifikan (p = 1.000) antara rasionalitas penggunaan statin dengan pencapaian target terapi pasien dislipidemia.
Kesimpulan: Rasionalitas penggunaan statin di RSD K.R.M.T Wongsonegoro sebesar 24% dan pasien yang mencapai target terapi sebesar 7%. Tidak terdapat hubungan antara rasionalitas penggunaan statin dengan pencapaian target terapi pasien dislipidemia.

Kata kunci: Rasionalitas pengobatan, Statin, Dislipidemia, Target terapi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Rasionalitas pengobatan, Statin, Dislipidemia, Target terapi
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Pharmacy
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 19 Jun 2024 03:56
Last Modified: 19 Jun 2024 03:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23638

Actions (login required)

View Item View Item