Search for collections on Undip Repository

Efektivitas Krim VCO Terhidrolisis terhadap Sebukan Makrofag untuk Penyembuhan Luka Bakar Derajat II Tikus Wistar

Syarif, Fahmi and Najatullah, Najatullah (2023) Efektivitas Krim VCO Terhidrolisis terhadap Sebukan Makrofag untuk Penyembuhan Luka Bakar Derajat II Tikus Wistar. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK - TESIS AMI)
ABSTRAK - TESIS AMI.pdf

Download (106kB)

Abstract

Latar Belakang : Luka bakar merupakan masalah kesehatan masyarakat global, banyak nya penelitian tentang obat topikal yang efektif pada kasus luka bakar derajat II. VCO terhidrolisis (hVCO) mengandung asam laurat, poliferol dan alpha tokoferol yang bermanfaat pada penyembuhan luka. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas krim hVCO terhadap sebukan makrofag untuk penyembuhan luka bakar derajat II tikus wistar. Metode : Penelitian parallel grup dilakukan terhadap tiga puluh tikus wistar dibagi menjadi enam grup secara acak yang diinduksi luka bakar derajat II. Pemberian krim dasar diberikan pada dua grup kontrol yang diterminasi hari ke-6 dan 12, hVCO 70 % pada dua grup yang diterminasi pada hari ke-6 dan 12, hVCO 100 % dua grup yang diterminasi pada hari ke-6 dan 12.Pemeriksaaan histopatologi sebukan makrofag dilakukan pada masing-masing perlakuan.
Hasil : Kelompok dengan pemberian krim VCO terhidrolisis pada hari ke 12(p=0,089) memiliki sebukan makrofag lebih tinggi dibandingkan kelompok hVCO yang sama pada hari ke 6 (p=0,0,354). Sebukan makrofag hVCO pada masing-masing kelompok menunjukkan meningkatkan. Kesimpulan : hVCO 100% efektif mempercepat penyembuhan luka bakar derajat II ditinjau dari sebukan makrofag.
Kata Kunci : Luka bakar, hVCO, Sebukan Makrofag.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Luka bakar, hVCO, Sebukan Makrofag.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 19 Jun 2024 03:55
Last Modified: 19 Jun 2024 03:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23633

Actions (login required)

View Item View Item