Search for collections on Undip Repository

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN PEMERIKSAAN UMUM DI PUSKESMAS MARGA JAYA KOTA BEKASI

AMELIA, ALINDA NANDA (2024) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN PEMERIKSAAN UMUM DI PUSKESMAS MARGA JAYA KOTA BEKASI. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO ALINDA.pdf - Published Version

Download (430kB)

Abstract

Sebagai fasilitas kesehatan publik, puskesmas harus melakukan survei kepuasan masyarakat untuk menilai kualitas atau kualitas layanan yang mereka berikan kepada pasien. Di Puskesmas Margajaya, layanan pemeriksaan umum menerima nilai IKM terendah dan menerima banyak keluhan dibandingkan dengan layanan lain. Hasil penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa pasien mengatakan bahwa di ruang tunggu pelayanan pemeriksaan umum banyak nyamuk dan bahwa dokter hanya bertanya tentang keluhan tanpa melakukan pemeriksaan fisik. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan pemeriksaan umum yang diberikan di Puskesmas Margajaya Kota Bekasi. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode deskriptif analitik dan desain cross-sectional. Metode pengambilan sampel purposive menggunakan 100 responden. Uji analis data yang digunakan adalah metode IPA (Importance Perfomance Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian antara harapan dan kenyataan seluruh dimensi adalah 82,13% dengan setiap dimensi tangible (87,08%), reliability (70,74%), responsiveness (89,30%), assurance (79,24%) empathy (85,04%). Kemudian, berdasarkan hasil tingkat kesesuaian dimensi pelayanan dengan tingkat kesesuaian di atas rata-rata termasuk tangible, responsiveness dan empathy, yang menunjukkan bahwa pasien merasa puas. Dimensi pelayanan dengan tingkat kesesuaian di bawah rata-rata termasuk reliability dan assurance, yang menunjukkan bahwa pasien merasa kurang puas sehingga untuk menjaga kualitas pelayanan di Puskesmas Margajaya Kota Bekasi, diperlukan perbaikan pada item pelayanan pemeriksaan umum.

Kata kunci : tingkat kepuasan, kualitas pelayanan, pemeriksaan umum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 14 Jun 2024 08:58
Last Modified: 14 Jun 2024 08:58
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23626

Actions (login required)

View Item View Item