Search for collections on Undip Repository

EVALUASI PROGRAM OPEN DEFECATION FREE (ODF) DI KELURAHAN PRAILIU WIALYAH KERJA PUSKESMAS KAMBANIRU KABUPATEN SUMBA TIMUR NUSA TENGGARA TIMUR

FRIEDRICH, MARIANY VALENTINA (2024) EVALUASI PROGRAM OPEN DEFECATION FREE (ODF) DI KELURAHAN PRAILIU WIALYAH KERJA PUSKESMAS KAMBANIRU KABUPATEN SUMBA TIMUR NUSA TENGGARA TIMUR. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO MARIANY.pdf - Published Version

Download (425kB)

Abstract

Program STBM di Kabupaten Sumba Timur pada saat ini berfokus pada pilar pertama, yaitu menghentikan kebiasaan buang air besar sembarangan (Stop BABS). Kelurahan Prailiu merupakan salah satu kelurahan di Kecamatan kambera yang sudah menjadi kelurahan Open Defecation Free (ODF) pada tahun 2020. Akan tetapi, di Kelurahan Prailiu masih dapat ditemukan kejadian penyakit diare dan penyakit berbasis lingkungan lain. Tujuan penelitian ini, yaitu mengevaluasi program Open Defecation Free (ODF) di Kelurahan Prailiu Wilayah Kerja Puskesmas Kambaniru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan wawancara kepada 17 responden dengan instrumen penelitian berupa lembear observasi. Penelitian dilakukan pada Februari – Maret 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukannya kendala pada sumber daya manusia, pedoman, dan elemen advokasi. Meskipun terdapat beberapa kendala, namun program ODF di Kelurahan Prailiu telah memberikan hasil yang positif dalam penurunan penyakit dan perubahan perilaku.

Kata kunci : STBM, ODF, Diare

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 14 Jun 2024 07:50
Last Modified: 14 Jun 2024 07:50
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23615

Actions (login required)

View Item View Item