Gusmiarti, Ira (2024) PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS DAN E-TRUST TERHADAP INTENTION TO USE E-WALLET DANA DENGAN ATTITUDE TOWARD USING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Generasi Z Pengguna E-wallet DANA di Kota Semarang). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
![]() |
Text
COVER.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (732kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf - Submitted Version Download (602kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (647kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf - Submitted Version Download (20kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (195kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (958kB) |
Abstract
Kemunculan financial technology seperti e-wallet memberikan kemudahan dalam transaksi elektronik. Setiap perusahaan penyedia e-wallet berlomba-lomba untuk meningkatkan market share mereka, termasuk e-wallet DANA. Namun, tiga tahun terakhir, DANA memiliki pengguna aktif bulanan yang tidak stabil; market share dan volume transaksi yang rendah; serta banyaknya keluhan aplikasi. Adanya permasalahan tersebut kemungkinan besar disebabkan oleh karena faktor-faktor yang mempengaruhi minat pengguna untuk menggunakan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Perceived Usefulness dan E-trust terhadap Intention to Use melalui Attitude toward Using pengguna generasi Z di kota Semarang. Tipe penelitian ini menggunakan explanatory research dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang merupakan generasi Z pengguna e-wallet DANA di Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan purposive sampling. Analisis data menggunakan path analysis dengan bantuan software SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perceived Usefulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap Attitude toward Using, E-trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap Attitude toward Using, Attitude toward Using berpengaruh positif dan signifikan terhadap Intention to Use, Perceived Usefulness berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Intention to Use, dan E-trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap Intention to Use. Temuan dalam penelitian ini juga menunjukkan bahwa Perceived Usefulness dan E-trust memiliki pengaruh tidak langsung terhadap Intention to Use melalui Attitude toward Using pada generasi Z pengguna DANA. Saran dalam penelitian ini yaitu DANA perlu meningkatkan sistem keamanan seperti otentikasi dua factor dan enkripsi end-to-end sehingga pengguna merasa yakin untuk terus menggunakan DANA. Selain itu, DANA perlu mengembangkan fitur-fitur baru yang dapat meningkatkan nilai tambah bagi pengguna.
Kata Kunci: Attitude toward Using; E-trust; Intention to Use; Perceived Usefulness
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 14 Jun 2024 02:41 |
Last Modified: | 14 Jun 2024 02:41 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23589 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |