Search for collections on Undip Repository

MANAJEMEN BENCANA (TAHAP PRA BENCANA, SAAT BENCANA, DAN PASCA BENCANA) DALAM PENANGGULANGAN BANJIR DI KOTA TANGERANG SELATAN

Putri, Azzani Sukma Adelia (2024) MANAJEMEN BENCANA (TAHAP PRA BENCANA, SAAT BENCANA, DAN PASCA BENCANA) DALAM PENANGGULANGAN BANJIR DI KOTA TANGERANG SELATAN. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (979kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (586kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (168kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Banjir merupakan masalah klasik yang belum dituntaskan di Kota Tangerang Selatan. Untuk mengurangi kerugian yang dihasilkan maka dilaksanakan manajemen bencana pada tiga tahap yaitu pra bencana, saat bencana dan pasca bencana. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis manajemen bencana penanggulangan banjir pada tahap pra bencana, saat bencana dan pasca bencana. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori manajemen bencana. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen bencana tahap pra bencana telah dilakukan dengan kesiapsiagaan, peringatan dini dan mitigasi. Kesiapsiagaan dilakukan dengan memberikan pelatihan, pembuatan rencana dan pengadaan alat kebencanaan. Akan tetapi, partisipasi masyarakat rendah karena kesibukan dan lansia. Pada peringatan dini dilakukan kerja sama BPBD dengan lembaga lainnya tetapi masih terbatas jangkauannya karena keterbatasan dana dan penyampaiannya bergantung pada jaringan serta website BPBD pun sering down. Mitigasi dilakukan dengan pemberian edukasi dan perbaikan sarana penampung hujan tetapi terkendala oleh kesadaran masyarakat. Tahap saat bencana dilakukan dengan evakuasi dan memberikan bantuan. Evakuasi telah dilakukan dengan optimal ditunjang dengan adanya SOP, Sumber Daya Manusia dan peralatan yang baik. Akan tetapi, distribusi bantuan darurat belum merata. Tahap pasca bencana dilaksanakan dengan rehabilitasi dan rekonstruksi melalui kerja sama dengan dinas lain yang didasarkan pada rekomendasi yang disusun oleh Tim Jitupasna. Pelaksanaannya belum optimal karena keterbatasan Sumber Daya Manusia, dana dan kontur wilayah yang berada di rawan banjir.

Kata Kunci : Banjir, Manajemen Bencana, Pra Bencana, Saat Bencana, Pasca Bencana

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 13 Jun 2024 04:52
Last Modified: 13 Jun 2024 04:52
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23573

Actions (login required)

View Item View Item