Search for collections on Undip Repository

Penerapan Metode Analisis Jalur (Path Analysis) dalam Menentukan Faktor-Faktor yang Memengaruhi Angka Harapan Lama Sekolah di Provinsi Sumatera Utara

Siahaan, Dhea Rizky Ananda (2024) Penerapan Metode Analisis Jalur (Path Analysis) dalam Menentukan Faktor-Faktor yang Memengaruhi Angka Harapan Lama Sekolah di Provinsi Sumatera Utara. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
file 1 (pendahuluan) - Dhea Rizky Ananda Siahaan.pdf

Download (459kB)
[img] Text
file 2 (isi) - Dhea Rizky Ananda Siahaan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
file 3 (daftar pustaka) - Dhea Rizky Ananda Siahaan.pdf

Download (233kB)

Abstract

Di Indonesia untuk mewujudkan pemerataan pendidikan, pemerintah memberikan hak kepada setiap warga Negara untuk mendapatkan pendidikan wajib selama 9 tahun sesuai dengan peraturan yang ada. Untuk mengetahui kondisi pembangunan sistem pendidikan di berbagai jenjang, pemerintah membuat indikator angka harapan lama sekolah. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh anggaran pendapatan dan belanja daerah pada sektor pendidikan, upah minimum kabupaten/ kota, pengeluaran per kapita, rata-rata lama sekolah, dan angka harapan hidup terhadap angka harapan lama sekolah melalui indeks pembangunan manusia dengan studi kasus pada Provinsi Sumatera Utara tahun 2023 dengan menggunakan metode analisis jalur. Analisis jalur (path analysis) merupakan pengembangan dari analisis regresi berganda yang digunakan untuk menganalisis pola hubungan antar variabel eksogenus terhadap variabel endogenus, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui variabel perantara. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diperoleh besar pengaruh gabungan seluruh variabel eksogenus terhadap variabel endogenus melalui variabel perantara ialah , juga diperoleh semua variabel yang diteliti berpengaruh terhadap angka harapan lama sekolah baik secara langsung maupun tidak langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
Depositing User: Nurcahya Yulian
Date Deposited: 12 Jun 2024 09:41
Last Modified: 12 Jun 2024 09:41
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23561

Actions (login required)

View Item View Item