Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN USIA, MASA KERJA, SHIFT KERJA DAN KEBOSANAN KERJA DENGAN KELELAHAN KERJA PADA PEKERJA UNIT AIRPORT RESCUE AND FIRE FIGHTING (ARFF) BANDAR UDARA X

RURUBUA, RAHEL PUTRI (2024) HUBUNGAN USIA, MASA KERJA, SHIFT KERJA DAN KEBOSANAN KERJA DENGAN KELELAHAN KERJA PADA PEKERJA UNIT AIRPORT RESCUE AND FIRE FIGHTING (ARFF) BANDAR UDARA X. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO RAHEL.pdf - Published Version

Download (499kB)

Abstract

Unit Airport Rescue and Fire Fighting (ARFF) bertugas melakukan penanggulangan keadaan darurat untuk menyelamatkan jiwa dan harta benda, baik kejadian yang melibatkan pesawat terbang maupun di area bandar udara. Pekerja ARFF Bandar Udara X bekerja hingga 12 jam ditambah karakteristik pekerjaan yang monoton dalam jangka waktu lama meningkatkan risiko kebosanan kerja yang merupakan awal timbulnya kelelahan kerja. Kelelahan kerja adalah kondisi penurunan kapasitas dan ketahanan tubuh setelah melakukan pekerjaan tertentu. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan usia, masa kerja, shift kerja, dan kebosanan kerja dengan kelelahan kerja pada pekerja Unit ARFF Bandar Udara X. Desain penelitian ini adalah studi kuantitatif cross sectional menggunakan metode purposive sampling yang selanjutnya dianalisis dengan uji chi-square dan rank spearman. Kriteria inklusi dalam penelitian ini adalah pekerja regu yang bertugas operasional sehingga didapatkan sampel sebanyak 31 pekerja. Metode penelitian ini adalah wawancara satu per satu yang dilakukan saat mendekati berakhirnya shift kerja menggunakan kuesioner Lee’s Job Boredom Scale (LJBS) untuk data kebosanan kerja dan kuesioner Industrial Fatigue Research Committee (IFRC) untuk data kelelahan kerja. Hasil analisis bivariat dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan shift kerja (p=0,004) dengan kelelahan kerja, tetapi tidak terdapat hubungan usia (p=0,995), masa kerja (p=0,735), dan kebosanan kerja (p=0,218) dengan kelelahan kerja.

Kata kunci : ARFF, kebosanan kerja, kelelahan kerja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 11 Jun 2024 04:44
Last Modified: 11 Jun 2024 04:44
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23518

Actions (login required)

View Item View Item