Search for collections on Undip Repository

EVALUASI PELAKSANAAN TUJUH LANGKAH KESELAMATAN PASIEN DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN DI RSUP Dr. KARIADI KOTA SEMARANG

RASIDI, AZZAHRA AMALIA (2024) EVALUASI PELAKSANAAN TUJUH LANGKAH KESELAMATAN PASIEN DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN DI RSUP Dr. KARIADI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO AZZAHRA.pdf - Published Version

Download (363kB)

Abstract

Keselamatan pasien atau patient safety merupakan suatu sistem yang dibentuk oleh rumah sakit dalam mencegah serta mengurangi kesalahan. Pelaksanaan tujuh langkah keselamatan pasien tercantum dalam Permenkes No. 11 Tahun 2017. Tujuh Langkah Keselamatan Pasien merupakan suatu langkah yang harus dilaksanakan dalam pelayanan kesehatan, hal tersebut dilakukan untuk memberikan pelayanan yang bermutu dan aman terhadap pasien. Penerapan pelaksanaan tujuh langkah keselamatan pasien di RSUP Dr. Kariadi Semarang tahun 2024 belum dilaksanakan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan tujuh langkah keselamatan pasien berfokus terhadap aspek konteks, inpus, proses serta produk. Jenis penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang dilakukan melalui wawancra mendalam (Indeph-Interview) pada informan penelitian yang ditentukan berdasarkan purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret – April 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksaan tujuh langkah keselamatan pasien di rumah sakit belum seluruhnya optimal, masih terdapat kendala kendala yang mengakibatkan pelaksanaan tersebut belum maksimal. Upaya – upaya perbaikan terus dilakukan rumah sakit dalam memaksimalkan tujuh langkah keselamatan pasien. Rumah sakit mengadakan pertemuan dalam meningkatkan keselamatan pasien dari segi perencanaan, proses serta evaluasi atau monitoring, dan peningkatan monitoring oleh Tim Akreditasi setelah pelaksanaan akreditasi.

Kata Kunci: Keselamatan Pasien, Tujuh Langkah Keselamatan Pasien, Rumah sakit

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 10 Jun 2024 05:04
Last Modified: 10 Jun 2024 05:04
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23485

Actions (login required)

View Item View Item