Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN EFIKASI DIRI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIER PADA SISWA KELAS XII SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

Amalia, Firda and Widodo, Prasetyo Budi (2024) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN EFIKASI DIRI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIER PADA SISWA KELAS XII SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah Menengah Atas (SMA) merupakan masa transisi bagi para peserta didik untuk melanjutkan kehidupan sosialnya menuju persiapa karier. Maka dari itu, penting bagi mereka terutama siswa SMA tingkat akhir untuk memiliki keyakinan diri atau efikasi diri dalam mempersiapkan perencanaan karier. Penelitian- penelitian terdahulu menunjukkan bahwa adanya pengaruh dari dukungan sosial teman sebaya dalam meningkatkan efikasi diri dalam pengambilan keputusan karier pada siswa SMA kelas XII. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan efikasi diri dalam pengambilan keputusan karier pada siswa kelas XII SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Populasi pada penelitian merupakan 214 siswa tingkat tiga SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung yang sedang mempersiapkan diri mereka dalam menghadapi kelulusan. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 140 siswa dengan rentang usia 16-19 tahun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu skala efikasi diri dalam pengambilan keputusan karier (23 aitem, a = 0,894) dan skala dukungan sosial teman sebaya (36 aitem, a = 0,923). Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji Spearman’s Rho yang menunjukkan adanya hubungan positif antara kedua variabel (rxy = 0,315, p = 0,000). Hasil tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya maka akan semakin tinggi pula efikasi diri dalam pengambilan keputusan karier pada siswa kelas XII SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Users 173 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2024 06:28
Last Modified: 08 Aug 2024 06:32
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23484

Actions (login required)

View Item View Item