Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA USIA KORBAN DAN STATUS HUBUNGAN KORBAN DENGAN PELAKU TERHADAP PREVALENSI PELAPORAN KASUS KEKERASAN SEKSUAL DI RSUP DR. KARIADI SEMARANG TAHUN 2018 – 2022

Maristyo, Aiman and Dhanardhono, Tuntas and Bhima, Sigid Kirana Lintang and Saebani, Saebani (2023) HUBUNGAN ANTARA USIA KORBAN DAN STATUS HUBUNGAN KORBAN DENGAN PELAKU TERHADAP PREVALENSI PELAPORAN KASUS KEKERASAN SEKSUAL DI RSUP DR. KARIADI SEMARANG TAHUN 2018 – 2022. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak KTI Aiman Maristyo)
Abstrak KTI Aiman Maristyo.pdf

Download (115kB)

Abstract

Latar Belakang: Kekerasan seksual merupakan semua tindakan seksual atau tindakan lain yang diarahkan terhadap seksualitas dengan paksaan dalam situasi apapun tanpa memandang status hubungannya dengan korban, meliputi pemeriksaan fisik ataupun bentuk non-kontak lainnya (WHO, 2017). Perbedaan usia korban dan status hubungan korban dengan pelaku akan memengaruhi prevalensi pelaporan ke pihak kepolisian.

Tujuan: Mengetahui hubungan antara usia korban dan status hubungan korban dengan pelaku terhadap prevalensi pelaporan kasus kekerasan seksual di Rumah Sakit Umum Dr. Kariadi Semarang pada Tahun 2018 – 2022.

Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian obsevasional analitik dengan desain penelitian cross sectional, menggunakan analisis univariat dan bivariat melalui uji chi-square dengan nilai P <0,05 dianggap signifikan secara statistik. Subjek penelitian dari penelitian ini yaitu korban kasus kekerasan seksual di RSUP Dr. Kariadi Semarang Tahun 2018 – 2022 yang memenuhi kriteria inklusi. Data penelitian didapat dari rekam medis dan VeR.

Hasil: Hasil uji chi-square didapatkan status hubungan korban dengan pelaku memiliki hubungan bermakna terhadap pelaporan.

Kesimpulan: Didapatkan data sebanyak 124 sampel korban kasus kekerasan seksual di RSUP Dr. Kariadi yang memenuhi kriteria inklusi, kemudian didapatkan minimal besar sampel yaitu 76 yang secara random sampling diambil sebanyak 78 kasus dengan hasil analisis terdapat hubungan antara status hubungan korban dengan pelaku terhadap pelaporan.

Kata Kunci: Kekerasan seksual, usia, status hubungan, pelaporan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kekerasan seksual, usia, status hubungan, Pelaporan
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 20 Jun 2024 06:03
Last Modified: 20 Jun 2024 06:03
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23482

Actions (login required)

View Item View Item