Valentine, Titania (2024) STRATEGI GASTRODIPLOMASI THAILAND SEBAGAI NATION BRANDING DI RANAH INTERNASIONAL. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
![]() |
Text
COVER.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (853kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf - Submitted Version Download (186kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf - Submitted Version Download (169kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf - Submitted Version Download (35kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (132kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang strategi Thailand dalam memanfaatkan
gastrodiplomasi sebagai nation branding di ranah internasional. Gastrodiplomasi
sendiri merupakan perpotongan antara diplomasi budaya dan diplomasi publik dimana
kekayaan kuliner menjadi alat utama dalam membawa branding Thailand diranah
internasional.
Fokus penelitian ini tertuju pada analisis penerapan strategi yang dilakukan oleh
aktor negara yang bekerjasama dengan aktor non negara dalam menciptakan nation
brand demi membentuk persepsi internasional terhadap Thailand. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Sedangkan teknik
pengumpulan data yang digunakan berdasarkan data primer dan sekunder yang
didapatkan melalui studi literasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Thailand berhasil menerapkan enam
strategi gastodiplomasi sesuai dengan konsep gastrodiplomasi Juyang Zhang yaitu
strategi product marketing, food event, media relation, education, opinion leader,
coalition building. Dimana didalam strategi gastrodiplomasi yang dijalankan,
senantiasa melibatkan enam elemen nation branding yaitu masyarakat, pariwisata,
kebijakan, investasi, ekspor, dan budaya. Dengan penerapan strategi gastrodiplomasi
sebagai nation branding di ranah internasional tersebut, menunjukkan bahwa Thailand
dapat menyebarkan identitas, nilai, norma, dan budaya Thailand melalui kekayaan
kuliner kepada negara dunia. Hal tersebut menjadikan Thailand mendapatkan
kepercayaan internasional yang nantinya dapat berpengaruh positif terhadap hubungan
kerja sama Thailand dengan negara lain.
Kata kunci: Gastrodiplomasi, Nation Branding, Thailand
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of International Relations |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 04:02 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 04:02 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23476 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |