Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PENUTUPAN LOKALISASI PROSTITUSI LORONG INDAH MARGOREJO KABUPATEN PATI

Dewi, Rahma Kusuma (2024) ANALISIS PENUTUPAN LOKALISASI PROSTITUSI LORONG INDAH MARGOREJO KABUPATEN PATI. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (275kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (119kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Analisis Penutupan Lokalisasi Prostitusi Lorong Indah Margorejo Kabupaten Pati” yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah Kabupaten Pati pada tahun 2021-2022. Keberadaan lokalisasi prostitusi Lorong Indah Margorejo selama dua dekade terakhir telah menjadi patologi sosial di tengah-tengah masyarakat dan dinilai memberikan citra negatif bagi Kabupaten Pati. Adanya lokalisasi tersebut juga melanggar peraturan perundang-undangan mengenai rencana tata ruang wilayah karena berdiri di atas lahan pertanian berkelanjutan yang bukan semestinya dijadikan sebagai tempat mendirikan bangunan. Hadirnya instruksi dari pemerintah pusat untuk melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) selama pandemi Covid- 19 serta dorongan dari berbagai pihak juga menjadi pemantik tambahan bagi pemerintah daerah Kabupaten Pati untuk melaksanakan penutupan Lokalisasi Prositusi Lorong Indah Margorejo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dinamika proses penutupan lokalisasi serta sikap yang diambil pemerintah daerah Kabupaten Pati pasca penutupan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang ditempuh berupa wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penutupan lokalisasi prostitusi Lorong Indah Margorejo Pati melalui dinamika yang cukup panjang. Proses penutupan melibatkan jajaran Forkopimda Kabupaten Pati dengan berdasarkan kepada landasan hukum yang telah dilanggar oleh penghuni serta landasan sosiologis dengan harapan meminimalisir salah satu bentuk patologi sosial yang ada. Pemerintah daerah Kabupaten Pati tetap melaksanakan proses penutupan hingga pembongkaran meskipun terjadi beberapa hambatan selama proses penutupan seperti resistensi, penolakan, hingga penghadangan dari para penghuni. Pasca penutupan, pemerintah tidak memberikan ganti rugi karena menganggap bahwasannya keberadaan lokalisasi Lorong Indah Margorejo sendiri telah melanggar. Penutupan justru menimbulkan masalah baru yakni munculnya tempat prostitusi pecahan dari Lorong Indah di pinggir-pinggir jalan dan keberadaannya menjadi lebih terekspos. Pemerintah daerah Kabupaten Pati telah melaksanakan penutupan sesuai prosedur, namun belum mampu menerapkan pendekatan sosiologis dengan implementasi sosiologi pemerintahan secara penuh terkait sikap yang diambil pasca penutupan.
Kata Kunci: Penutupan, Lokalisasi, Prostitusi, Lorong Indah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 07 Jun 2024 07:23
Last Modified: 07 Jun 2024 07:23
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23458

Actions (login required)

View Item View Item