Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI PRINSIP TANGGUNG JAWAB MUTLAK (STRICT LIABILITY) TERHADAP KASUS KULITAS PRODUK PADA BISNIS RITEL MODERN DALAM UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN NOMOR 8 TAHUN 1999. _98 Dagang 2024

Pamusu, Andi Diandra Garnis and Njatrijani, Rinitami and Adhi, Yuli Prasetyo (2024) IMPLEMENTASI PRINSIP TANGGUNG JAWAB MUTLAK (STRICT LIABILITY) TERHADAP KASUS KULITAS PRODUK PADA BISNIS RITEL MODERN DALAM UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN NOMOR 8 TAHUN 1999. _98 Dagang 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Andi Diandra Garnis Pamusu - cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Andi Diandra Garnis Pamusu - abstrak.pdf

Download (164kB)
[img] Text
Andi Diandra Garnis Pamusu - bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] Text
Andi Diandra Garnis Pamusu - bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] Text
Andi Diandra Garnis Pamusu - bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)
[img] Text
Andi Diandra Garnis Pamusu - bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text
Andi Diandra Garnis Pamusu - dapus.pdf

Download (307kB)

Abstract

Implementasi prinsip tanggung jawab mutlak (strict liability) pada hakikatnya merupakan suatu terobosan dalam menanggulangi hak-hak konsumen yang dicederai oleh kualitas produk barang dan/atau jasa yang tidak berdaya guna, khususnya dalam linear perkembangan ritel modern dewasa ini. Hal ini disebabkan oleh kurang optimalnya implikasi penerapan sistem tersebut di lapangan, ditambah dengan pengendalian kualitas (quality control) yang dilakukan oleh para pelaku usaha di ritel modern ini dalam memastikan kualitas produk tersebut aman untuk dipergunakan. Dengan demikian timbul permasalahan yang menjadi fokus penulis untuk menelaah lebih lanjut tentang implementasi penyelenggaraan prinsip tanggung jawab mutlak terhadap konsumen yang dirugikan atas barang dan/atau jasa yang diperoleh dari pelaku usaha dalam bisnis ritel modern dan dampaknya berimplikasi terhadap penerapan hukum perlindungan konsumen dalam kualitas prosuk pada bisnis ritel modern terhadap hak-hak konsumen di Indonesia. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini bersifat yuridis normatif jenis penelitian hukum yang dilakukan dengan memeriksa bahan pustaka atau data sekunder sebagai dasar untuk mengadakan analisis terhadap peraturan-peraturan dan literatur yang relevan dengan permasalahan yang sedang diteliti. Hasil penelitian dalam penulisan hukum ini berupa keyakinan penulis akan hukum perlindungan konsumen dalam menjamin hak-hak konsumen terhadap kualitas produk di bisnis ritel modern pun cenderung belum berperan secara optimal layaknya payung hukum. Penyimpangan, pelanggaran serta deviasi yang mengarah pada bentuk kriminalisasi dan manipulasi kerap dijumpai dalam laju ritel modern. Pengendalian kualitas akan barang dan/atau jasa terkesan formalitas belaka. Begitu buruknya pertanggungjawaban yang dihadirkan oleh para pelaku usaha akan keamanan produk tersebut. Hal ini dilandaskan pengaturan terkait prinsip tanggung jawab mutlak (strict liability) belum secara mutlak diatur.
Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, Prinsip Tanggung Jawab Hukum, pelaku Usaha, Kualitas Produk

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, Prinsip Tanggung Jawab Hukum, pelaku Usaha, Kualitas Produk
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 11 Jun 2024 02:34
Last Modified: 11 Jun 2024 02:34
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23444

Actions (login required)

View Item View Item