Search for collections on Undip Repository

Konsensus Dokter Umum Tentang Materi Inti Anatomi Sistem Limfatik Untuk Pembelajaran Mahasiswa Kedokteran

Santoso, Nurseto and Susilaningsih, Neni and Sihombing, Nydia Rena Benita (2024) Konsensus Dokter Umum Tentang Materi Inti Anatomi Sistem Limfatik Untuk Pembelajaran Mahasiswa Kedokteran. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Konsensus Dokter Umum Tentang Materi Inti Anatomi Sistem Limfatik Untuk Pembelajaran Mahasiswa Kedokteran)
Abstrak_ KTI_Nurseto_22010119110019.pdf

Download (124kB)

Abstract

Latar Belakang: Mahasiswa kedokteran hingga saat ini memiliki kesulitan dalam pembelajaran anatomi. Hal ini dikarenakan banyaknya materi yang harus dikuasai di bidang ini dan hal ini dipersulit dengan tingkat kompleksitas tubuh manusia yang tidak mudah dipahami secara langsung. Pemahaman ilmu anatomi adalah dasar dalam melakukan diagnosis terutama dalam memilih tindakan terapi dengan tepat. Proses pembelajaran anatomi dapat dipermudah dengan memprioritaskan materi anatomi yang dapat digunakan langsung dan mahasiswa tidak diharapkan untuk menguasai semua aspek anatomi, melainkan lebih memusatkan perhatian pada topik-topik inti yang paling relevan dan sering dihadapi dalam praktek klinis sesuai dengan standar kompetensi dokter umum.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan konsensus di antara dokter umum di Kecamatan Tembalang tentang materi inti anatomi sistem limfatik yang perlu dikuasai oleh mahasiswa kedokteran umum.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan Metode Delphi dua putaran. Responden yang terlibat adalah dokter umum yang aktif berpraktik di Kecamatan Tembalang, melalui purposive sampling sebanyak 34 ±4 responden. Penelitian Metode Delphi putaran I responden akan menyaring materi yang dianggap “penting” dan “tidak penting” serta mengusulkan materi yang terlewatkan dari kuesioner. Putaran Delphi II akan menilai tingkat kepentingan materi menggunakan skala likert 1-5 dengan level konsensus responden dokter umum 75%.
Hasil: Hasil penelitian Delphi putaran I didapatkan 41 materi inti anatomi sistem limfatik (100%) tanpa materi tambahan. Pada putaran penelitian Delphi II didapatkan 35 materi inti dari 41 total materi (85.34%).
Kesimpulan: Berdasarkan kesepakatan responden dokter umum Kecamatan Tembalang didapatkan materi inti anatomi sistem limfatik sejumlah 35 materi inti dari 41 total materi (85.34%).
Kata kunci: Anatomi; Materi inti; Sistem limfatik; Dokter Umum; Metode Delphi; E-Delphi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Anatomi; Materi inti; Sistem limfatik; Dokter Umum; Metode Delphi; E-Delphi.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 12 Jun 2024 07:06
Last Modified: 12 Jun 2024 07:06
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23437

Actions (login required)

View Item View Item