Aldiansyah, Duvit (2024) PENGARUH INTENSITAS KOMUNIKASI PEER GROUP DAN TERPAAN CELEBRITY ENDORSER DI MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN ROKOK ELEKTRIK (VAPE) PADA REMAJA. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
![]() |
Text
COVER.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (398kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf - Submitted Version Download (698kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf - Submitted Version Download (319kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf - Submitted Version Download (878kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf - Submitted Version Download (73kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (159kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (279kB) |
Abstract
E-cigarette (rokok elektrik) atau vape telah menjadi trend konsumsi baru oleh remaja
didukung data dari Jackpat pada tahun 2019 dimana angka pengguna vape tertinggi di
Indonesia sekitar 22 persen adalah remaja yang berusia 15 hingga 19 tahun. Studi
menunjukkan mempunyai teman yang merokok, lama kelamaan cenderung menjadi orang
yang berniat, bereksperimen, atau perokok tetap. Selain itu, kehadiran celebrity endorser
yang mendukung suatu merek juga dapat menciptakan opini positif pada konsumen, yang
pada gilirannya meningkatkan niat pembelian, dalam hal ini adalah produk vape.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas komunikasi peer group
dan terpaan celebrity endorser di media sosial terhadap minat menggunakan rokok elektrik
(vape) pada remaja. Penelitian ini merupakan tipe penelitian kuantitatif eksplanatori. Social
Learning Theory digunakan untuk menjelaskan relevansi komunikasi peer group terhadap
minat pembelian. Sedangkan pada terpaan celebrity endorser digunakan Source Credibility
Model sebagai landasan teori. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah non
probability sampling dengan sub-teknik purposive sampling. Responden berjumlah 100 orang
dengan kriteria orang yang berjenis kelamin laki-laki maupun perempuan dengan kisaran usia
antara 12-24 tahun yang bertempat tinggal di Indonesia, menggunakan media sosial dan
memiliki kelompok teman sebaya yang mayoritas menggunakan rokok elektrik, serta pernah
terpapar konten iklan produk rokok elektrik (vape) oleh celebrity endorser di media sosial.
Data yang diambil dari 100 responden diolah menggunakan teknik regresi linier
sederhana. Uji regresi linier sederhana pada intensitas komunikasi peer group terhadap minat
menggunakan rokok elektrik (vape) menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang
berarti sangat signifikan atau ada pengaruh sehingga hipotesis dapat diterima. Nilai
signifikansi terpaan celebrity endorser terhadap minat menggunakan rokok elektrik (vape)
adalah 0,000 yang berarti sangat signifikan karena 0,000 ≤ 0,01 sehingga hipotesis diterima
dimana terdapat pengaruh.
Kata kunci: intensitas komunikasi peer group, celebrity endorser, minat menggunakan,
rokok elektrik (vape)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 08:00 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 08:00 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23434 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |