Search for collections on Undip Repository

PELINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENGGUNA LAYANAN E-WALLET DALAM KASUS PHISHING MELALUI OTP DITINJAU DARI PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK. _107 Dagang 2024

PURWANDARI, ALSHAFA MEIDYNA and Prananingtyas, Paramita and Rahmanda, Bagus (2024) PELINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENGGUNA LAYANAN E-WALLET DALAM KASUS PHISHING MELALUI OTP DITINJAU DARI PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK. _107 Dagang 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
ALSHAFA MEIDYNA PURWANDARI - cover.pdf

Download (725kB)
[img] Text
ALSHAFA MEIDYNA PURWANDARI - abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
ALSHAFA MEIDYNA PURWANDARI - bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
ALSHAFA MEIDYNA PURWANDARI - bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text
ALSHAFA MEIDYNA PURWANDARI - bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img] Text
ALSHAFA MEIDYNA PURWANDARI - bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
ALSHAFA MEIDYNA PURWANDARI - dapus.pdf

Download (144kB)

Abstract

Dompet digital atau dikenal dengan istilah e-wallet merupakan salah satu produk hasil perpaduan antara sistem keuangan dengan teknologi dan sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan minimalisasi uang tunai (cashless society). Layanan penyimpanan uang yang berbasis server (server-based) ini menawarkan kemudahan bagi pengguna dalam bertransaksi dengan sistem keamanan melalui one time password (OTP). Namun, pada kenyataannya, bahkan verifikasi melalui OTP pun belum menjamin keamanan para pengguna dari tindakan kejahatan elektronik, salah satunya ialah phishing. Penelitian ini bertujuan untuk pertama, mengetahui pelindungan hukum terhadap pengguna layanan e-wallet yang dirugikan akibat pembobolan OTP melalui phishing, kedua untuk mengetahui bagaimanakah tanggung jawab penerbit e-wallet terhadap pengguna yang mengalami kerugian akibat Tindakan phishing tersebut. Metode pendekatan yang digunakan dalam penulisan hukum ini adalah pendekatan hukum yuridis normatif dengan metode pengumpulan data melalui studi kepustakaan yang bersumber dari data sekunder, sedangkan spesifikasi penelitiannya bersifat deskriptif analitis yang dimaksudkan untuk memberi gambaran mengenai fenomena kejahatan phishing serta menganalisis implementasi pelindungannya berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).
Berdasarkan hasil penelitian yang kemudian dituangkan dalam penulisan hukum ini, dapat diketahui bahwa Pertama, pelindungan yang ditawarkan oleh UU ITE berupa: 1) Perlindungan preventif yaitu dengan adanya regulasi itu sendiri dimaksudkan untuk mencegah tejadinya kejahatan, 2) Perlindungan represif dengan memberikan sanksi kepada pelaku sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Kedua, penerbit e-wallet memiliki metodenya sendiri dalam menangani kasus phishing, dengan demikian bentuk tanggung jawab yang diberikan penerbit pun disesuaikan dengan hasil investigasi.
Kata Kunci: Cyber Crime, E-Wallet, One Time Password, Phishing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Cyber Crime, E-Wallet, One Time Password, Phishing
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 11 Jun 2024 03:11
Last Modified: 11 Jun 2024 03:11
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23422

Actions (login required)

View Item View Item