Search for collections on Undip Repository

ANALISIS KINERJA PELAYANAN BRT KOTA SEMARANG MELALUI STANDAR PELAYANAN MINIMAL TAHUN 2023

LAILA, NUR ISNA (2024) ANALISIS KINERJA PELAYANAN BRT KOTA SEMARANG MELALUI STANDAR PELAYANAN MINIMAL TAHUN 2023. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
Bab I.pdf - Submitted Version

Download (298kB)
[img] Text
Bab II.pdf - Submitted Version

Download (378kB)
[img] Text
Bab III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[img] Text
Bab IV.pdf - Submitted Version

Download (72kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (139kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version

Download (952kB)

Abstract

Trans Semarang merupakan salah satu bentuk pengadaan transportasi publik yang dikelola langsung oleh BLU UPTD Trans Semarang di bawah kewenangan Dinas Perhubungan Kota Semarang. Pada proses pengadaan tahap awal Trans Semarang terkendala permasalahan sehingga sulit untuk diterima masyarakat. Untuk menciptakan pelayanan yang prima, Peraturan Walikota No. 45 Tahun 2021 tentang Standar Pelayanan Minimal menjadi acuan BLU Trans Semarang dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif sebagai metode utama dan kuantitatif sebagai metode pendukung dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana kinerja pelayanan BLU UPTD Trans Semarang tahun 2023 dengan melihat penilaian pengguna jasa dengan bagaimana pelayanan secara nyata telah diberikan, serta menggambarkan apa saja yang menjadi hambatan dalam pelayanan.
Penelitian ini mengadopsi temuan Parasuraman (1985) yang mengidentifikasi lima dimensi yang digunakan dalam mengevaluasi kinerja pelayanan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja pelayanan BLU Trans Semarang belum sepenuhnya berhasil, hal ini dikarenakan penyediaan fasilitas pendukung pada elemen keselamatan dan kenyaman belum terpenuhi secara merata di seluruh armada yang beroperasi. Ketersediaan fasilitas keselamatan seperti sabuk keselamatan penumpang dan handgrip hanya tersedia di beberapa armada baru, serta masih terdapat fasilitas air conditioner yang tidak berfungsi di beberapa armada. Selain itu, persoalan penumpukan jumlah penumpang pada jam-jam sibuk masih terus terjadi dan membutuhkan solusi penyelesaian. Adapun yang menjadi hambatan utama BLU Trans Semarang adalah sistem pelayanan yang masih berbasis mix traffic. Hal ini membuat waktu tempuh pelayanan yang sulit diprediksi.
Kata kunci : Standar Pelayanan Minimal, Trans Semarang, kualitas pelayanan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 05 Jun 2024 04:07
Last Modified: 05 Jun 2024 04:07
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23392

Actions (login required)

View Item View Item