Search for collections on Undip Repository

PERAN DAN DINAMIKA INFORMAL POLITICS DALAM TATA KELOLA TRANSPORTASI : STUDI KASUS TERMINAL BAYANGAN JEMBATAN GANTUNG JAKARTA BARAT

RAHAYU, ANANDA AJENG (2024) PERAN DAN DINAMIKA INFORMAL POLITICS DALAM TATA KELOLA TRANSPORTASI : STUDI KASUS TERMINAL BAYANGAN JEMBATAN GANTUNG JAKARTA BARAT. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (346kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (755kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (186kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (897kB)

Abstract

Sistem transportasi memiliki peran krusial dalam tata kelola perkotaan yang harus diperhatikan dan dikembangkan dengan baik untuk menciptakan keamanan, kenyamanan, dan ketertiban, salah satunya adalah terminal. Namun, di Jakarta Barat seringkali ditemui kosongnya ruang dari pemerintah dalam tata kelola transportasi yang pada akhirnya membuka peluang bagi aktor informal untuk melangkah maju menciptakan terminal bayangan ini. Hal tersebut jelas dibuktikan pada fenomena menjamurnya terminal bayangan di Jakarta Barat, salah satunya yakni munculnya Terminal Bayangan Jembatan Gantung. Terminal Bayangan merupakan terminal ilegal yang tidak dikelola oleh Pemerintah. Namun dibalik kelegalannya, terminal bayangan ini dapat bertahan selama bertahun-tahun lamanya.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif guna memahami fenomena sosial. Lokasi yang diambil yakni Terminal Bayangan Jembatan Gantung, Jakarta Barat. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan Dinas Perhubungan Jakarta Barat, pemilik terminal bayangan, tukang oje, tukang parkir, pedagang sekitar, dan beberapa pengguna jasa Terminal Bayangan Jembatan Gantung, dokumentasi diambil dari arsip aktor terkait, dan studi pustaka yang berasal dari buku, jurnal, dan peraturan perundang-undangan tertulis.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa langgengnya terminal bayangan ini disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya yakni informal politik mampu menjadi layanan transportasi yang efisien dalam konteks politik informal, masyarakat mencari layanan transportasi yang lebih efisien, dan adanya koordinasi antar lembaga pemerintah dan aktor informal. Munculnya aktor informal ini juga menjadikan mereka sebagai pemimpin lokal dan memiliki kuasa dalam penyediaan layanan transportasi di Terminal Bayangan meskipun keberadaannya ilegal dan tidak diakui secara formal.
Kata Kunci : Tata Kelola Informal, Terminal Bayangan, Politik Informal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 04 Jun 2024 08:13
Last Modified: 04 Jun 2024 08:13
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23375

Actions (login required)

View Item View Item