Search for collections on Undip Repository

PENGARUH TERPAAN SALES PROMOTION DARI SALES CALL DAN KUALITAS KOMUNIKASI FRONT OFFICE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN ARTOTEL GAJAHMADA-SEMARANG

PUTRI, TYARA MARSHANDA (2024) PENGARUH TERPAAN SALES PROMOTION DARI SALES CALL DAN KUALITAS KOMUNIKASI FRONT OFFICE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN ARTOTEL GAJAHMADA-SEMARANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
cover tyara.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
bab 1 tyara.pdf - Submitted Version

Download (504kB)
[img] Text
bab 2 tyara.pdf - Submitted Version

Download (539kB)
[img] Text
bab 3 tyara.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img] Text
bab 4 tyara.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
bab 5 tyara.pdf - Submitted Version

Download (15kB)
[img] Text
daftar pustaka tyara.pdf

Download (142kB)
[img] Text
lampiran tyara.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)

Abstract

Industri perhotelan menjadi salah satu sorotan utama kala pandemi
berlangsung. Kota Semarang sebagai ibu kota Jawa Tengah menyatakan industri
perhotelan menyumbang sebanyak 2,77 % dari total PRDB, namun ditemukan
adanya penurunan tingkat hunian kamar hotel di Kota Semarang terutama hotel
bintang 3. ARTOTEL Gajahmada-Semarang sebagai hotel yang mendapatkan
penghargaan The Indonesian Travel and Tourism (ITTA) Awards 2021/2022
sebagai lifestye hotel terbaik di Indonesia dan merupakan hotel bintang 3 di Kota
Semarang juga mengalami penurunan tingkat hunian kamar dari bulan Juli hingga
September 2023. Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan tingkat hunian
kamar melalui kegiatan promosi penjualan terutama melalui kegiatan sales call.
Tidak hanya itu, secara masif ARTOTEL Gajahmada- Semarang juga melakukan
peningkatan kualitas komunikasi dengan konsumen inap kamar pada tim front
office untuk membangun loyalitas konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh terpaan sales promotion dari sales call terhadap loyalitas
konsumen ARTOTEL Gajahmada-Semarang dan pengaruh kualitas komunikasi
front office terhadap loyalitas konsumen ARTOTEL Gajahmada-Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksplanatori dengan teknik
purposive sampling yang melibatkan 100 responden dan menguji teori operant
conditioning yang digagas B.F.Skinner pada variabel terpaan sales promotion dan
teori customer relationship marketing (CRM) oleh Leonard Berry pada variabel
kualitas komunikasi.
Analisis yang digunakan yakni analisis regresi linear sederhana. Hasil
penelitian menunjukkan variabel terpaan sales promotion dari sales call terhadap
loyalitas konsumen ARTOTEL Gajahmada-Semarang memiliki tingkat
signifikansi sebesar 0,036 < 0,05 yang berarti signifkan , tetapi nilai R Square
menunjukkan nilai 0,044 yang berarti pengaruhnya lemah. Pada variabel kualitas
komunikasi front office terhadap loyalitas konsumen ARTOTEL GajahmadaSemarang memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,028 < 0,05 yang berarti
signifikan, tetapi hasil R Square menunjukkan nilai 0,048 yang memiliki arti
pengaruhnya lemah. Pengaruh yang lemah dapat didorong karena jumla SDM
(Sumber Daya Manusia) yakni staff ARTOTEL Gajamada-Semarang belum
memumpuni untuk menangani semua konsumen inap kamar.
Kata kunci: terpaan sales promotion , sales call , kualitas komunikasi ,
loyalitas konsumen, ARTOTEL Gajahmada-Semarang
37/KOM/2024

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 04 Jun 2024 03:51
Last Modified: 04 Jun 2024 03:51
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23360

Actions (login required)

View Item View Item