TSANY, FATHIN ADILA (2024) HUBUNGAN SARAPAN DENGAN STATUS GIZI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA TANGERANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
REPO FATHIN.pdf - Published Version Download (433kB) |
Abstract
Anak usia sekolah tergolong kelompok umur yang rawan mengalami masalah gizi pada masa perkembangannya. Menurut Laporan Nasional Survei Kesehatan Indonesia tahun 2023, status gizi anak usia 5-12 tahun berdasarkan pada IMT/U di Indonesia didapat prevalensi kategori kurus berada pada angka 11%. Prevalensi kegemukan di Indonesia menunjukkan angka 19,7%. Di Sekolah Dasar Tajur 2 Kota Tangerang terdapat 57% anak tidak sarapan secara rutin. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis hubungan sarapan dengan status gizi dan prestasi belajar siswa sekolah dasar di SDN Tajur 2 Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan waktu cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4-6 sejumlah 266 anak di Sekolah Dasar Negeri Tajur 2 Kota Tangerang tahun pelajaran 2023/2024. Sampel didapatkan sejumlah 75 anak. Analisis data menggunakan uji korelasi rank Spearman dan pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa frekuensi sarapan tidak berhubungan dengan status gizi (IMT/U) (p=0,669). Tingkat kecukupan energi dan protein sarapan berhubungan dengan status gizi (IMT/U) (p=0,000). Frekuensi sarapan tidak berhubungan dengan prestasi belajar (p=0,701). Tingkat kecukupan energi sarapan (p=0,938) dan protein sarapan (p=0,254) tidak berhubungan dengan prestasi belajar. Status gizi (IMT/U) tidak berhubungan dengan prestasi belajar (p=0,972).
Kata Kunci : Sarapan, Status Gizi, Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Public Health |
Divisions: | Faculty of Public Health > Department of Public Health |
Depositing User: | endah nurkhayati |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 02:40 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 02:40 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23355 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |