Search for collections on Undip Repository

ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN PEMERIKSAAN DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA METODE SADANIS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS CANDI SIDOARJO

MEIDININGTYAS, AFRIDA (2024) ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN PEMERIKSAAN DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA METODE SADANIS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS CANDI SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO AFRIDA.pdf - Published Version

Download (427kB)

Abstract

Kanker payudara merupakan kasus kanker di Indonesia yang menduduki peringkat pertama. Namun, penyebab spesifik kanker payudara masih belum diketahui secara pasti. Oleh karena itu, Wanita Usia Subur (WUS) di Indonesia dihimbau untuk melakukan deteksi dini sebagai bentuk upaya pengendalian, terutama dengan metode Pemeriksaan Payudara Klinis (Sadanis). Salah satu provinsi di Indonesia yaitu Provinsi Jawa Timur khususnya Kabupaten Sidoarjo hanya sebesar 15% WUS yang telah melakukan deteksi dini kanker payudara yang artinya masih jauh dengan target capaian Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur yang sebesar 45%. Puskesmas Candi menjadi lokasi penelitian setelah dilakukannya analisis. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan pemeriksaan deteksi dini kanker payudara metode Sadanis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif studi analitik dengan desain cross-sectional. Uji yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Uji Chi-Square. Hasill penelitian ini, yakni masih banyak WUS yang belum memanfaatkan pelayanan Sadanis di Puskesmas Candi. Terdapat hubungan antara tingkat pendidikan (p-value = 0,030), pengetahuan (p-value = 0,000), sikap (p-value = 0,000), keterpaparan informasi (p-value = 0,000), dan persepsi sakit atau penilaian individu (p-value = 0,000) dengan pemanfaatan pelayanan pemeriksaan deteksi dini kanker payudara metode Sadanis di wilayah kerja Puskesmas Candi Sidoarjo.

Kata Kunci : kanker payudara, pemanfaatan pelayanan kesehatan, Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 03 Jun 2024 08:50
Last Modified: 03 Jun 2024 08:50
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23348

Actions (login required)

View Item View Item