Search for collections on Undip Repository

KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI PADA PEMERINTAH DESA GEGUNUNG WETAN KECAMATAN REMBANG KABUPATEN REMBANG

Nururrohmah, Nururrohmah (2024) KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI PADA PEMERINTAH DESA GEGUNUNG WETAN KECAMATAN REMBANG KABUPATEN REMBANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pelayanan publik senantiasa menjadi tolok ukur standar kinerja pemerintah yang
konkret. Tentu akan menjadi keharusan bagi pemerintah guna evaluasi
manajemennya agar kepuasan masyarakat terjaga. Desa bagian terkecil dari sistem
pemerintahan dituntut mampu meningkatkan kemampuan sejalan dengan
perkembangan teknologi masa kini guna representasi kualitas pelayanan desa yang
prima. Diketahui Pemdes Gegunung Wetan memiliki keterbatasan dari sisi
pelayanan yang buruk karena fasilitas layanan yang kurang, ketidakjelasan
informasi dan SOP, dan mekanisme penanganan aspirasi dan saran yang pasif
karena kurang memanfaatkan digitalisasi. Tujuan dari penelitian ini yakni
mendeskripsikan kualitas pelayanan publik bidang pelayanan di Pemdes Gegunung
Wetan dan identifikasi faktor pendorong dan penghambat dari pelayanan tersebut.
Jenis penelitian yang dipakai kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan
datanya berupa wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa hanya dimensi emphaty yang telah terlaksana secara
optimal. Sedangkan dimensi tangible, dimensi reliability, dimensi responsiveness,
dan dimensi assurance masih belum optimal dalam pelaksanaannya. Sehingga
pelayanan dari Pemdes Gegunung Wetan masih memiliki polemik yang berimbas
pada minimnya kepuasan dari warga. Adapun faktor pendorong dari terbentuknya
kualitas pelayanan yang optimal di Pemdes Gegunung Wetan berasal dari faktor
organisasi dan faktor pendapatan, sementara faktor yang menghambatnya yakni
faktor kesadaran, faktor aturan, faktor kemampuan dan keterampilan, serta faktor
sarana pelayanan.

Kata Kunci: Kualitas; Pelayanan Publik; Administrasi Pemerintah Desa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 03 Jun 2024 01:57
Last Modified: 03 Jun 2024 01:57
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23316

Actions (login required)

View Item View Item